Butuh Rp.10 Milyar Lagi Untuk Tuntaskan GOR Panda - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Butuh Rp.10 Milyar Lagi Untuk Tuntaskan GOR Panda

Bima, KB.- Pemerintah Kabupaten Bima membangun sebuah Gelanggang Olahraga (GOR) mewah yang dibangun di Desa Panda Kecamatan Palibelo. GOR yang dibangun, merupkan bentuk Komitmen Bupati Bima untuk majukan Prestasi Olahraga di Kabupaten Bima. 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Drs. Chairunnas mengaku pembangunan GOR itu dikerjakan sejak tanggal 8 Oktober 2019 kemarin hingga diadendum sampai tanggal 4 April 2020 kemarin. 

“GOR dibangun diatas lahan seluas 8,4 hektar dengan besar 38,5 X 55 meter persegi. Kapasitas penontonnya mencapai 3.000 orang,” katanya kepada kabarbima.com beberapa waktu lalu. 

Menurutnya anggaran pembangunan GOR itu bersumber dari bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kisaranya sekitar Rp 11,2 miliar, yang diusulkan Rp. 21 miliar tahun 2018 lalu, namun yang diteken MoUnya hanya Rp.14 milliar.

Dikatakannya, GOR yang dibangun tersebut masuk kategori tipe B, dengan berbagai sarana olahraga seperti, basket ball, takraw, volly ball, badminton, futsal hingga, dijadikan pemusatan atlet yang mengikuti program Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP).

“GOR ini juga akan diagendakan untuk dimanfaatkan dalam berbagai Kejurda berbagai olahraga,” katanya.

Chairunnas menambahkan, meski fisik bangunannya cukup memadai, namun ada sejumlah kekurangan. Bahkan dibutuhkan anggaran sekitar Rp10 milliar lagi untuk melengkapi secara keseluruhan. Karena anggaran yang tersedian hanya sampai pada tahapan ini saja. Anggaran tersebut dibutuhkan sharing APBD Kabupaten Bima. Untuk Pengecatan dan melengkapi Fasilitas akan menggunakan APBDP Kabupaten Bima.

“Jika sudah lengkap semua. GOR yang dibangun ini bisa dijadikan sport center Kabupaten Bima,” ujarnya.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, berharap keberadaan GOR itu nantinya bisa meningkatkan prestasi atlet. Mengingat selama ini, banyak atlet Kabupaten Bima yang berprestasi meski tidak memadai sarana olahraga.

"Kita harapkan adanya GOR ini, prestasi olahraga Kabupaten Bima akan terus meningkat,” harapnya saat meninjau langsung pekerjaan finishing GOR beberapa waktu lalu.

Menurut Ibu dua ini, pembangunan GOR tersebut sebagai bentuk perhatian, komitmen, serta respon Pemerintah Daerah untuk mengembangkan potensi dan bakat para pemuda.  “Pembangunan GOR merupakan komitmen kami mendukung pengembangan dan peningkatan khususnya bidang olahraga,” tuturnya.

Selain itu, adanya GOR  tersebut juga diharapkan menjadi sarana yang cukup memadai untuk mendukung kegiatan olahraga serta menjadi salahsatu ikon kebanggaan masyarakat Kabupaten Bima.
“Selain fungsi utamanya sebagai sarana olahraga. GOR ini juga dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan lainnya,”tandasnya.
  
Bupati menambahkan, dirinya akan berupaya memasukkan anggaran dalam APBD perubahan tahun 2020 nanti, yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang dan melengkapi kebutuhan GOR yang belum tersedia. (KB-01)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.