Rekonsiliasi Sejarah Perang Ngali 1908 Akan Dipentaskan di STIE Bima - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Rekonsiliasi Sejarah Perang Ngali 1908 Akan Dipentaskan di STIE Bima

Bima, KB.- 20 Februari 2021

Pertunjukan Lakon Perang Ngali 1908 merupakan rekonsiliasi sejarah perang Ngali pada saat melawan penjajah Belanda. Kendati demikian, pada pertunjukannya, pentas tersebut akan dibuat semirip mungkin.

dokumentasi konferensi pers persiapan Pertunjukan Lakon Perang Ngali 1908 yang akan di pentaskan di STIE Bima


Mulai dari kostumnya atau pun bagaimana realita pada saat itu. Sehingga dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dilakukan riset terkait kejadian bersejarah itu. Yakni dilakukan penelitian pada Tahun 2015/2016, hingga bisa dipentaskan di Tahun 2021.


Sutradara pementasan, Bangkit mengatakan, konsep pertunjukan tersebut digunakan model komunikasi Realis-Konvensional. Sehingga apa yang dipertunjukkan di atas panggung itu terlihat semirip mungkin dengan realitanya.

"Alhamdulillah masyarakat umumnya sangat menyukai model komunikasi seperti ini," ujarnya.

Kata dia, model dialog tersebut dapat menitikberatkan pada pengamatan penonton. Dengan demikian nilai edukasi pada pertunjukan tersebut tersampaikan.

"Ada nilai edukasi dan ada juga hiburannya. Kombinasi keduanya itu sangat apik untuk mereakasikan para penonton nantinya," sebutnya.

Yang menarik pada pertunjukan Lakon Perang Ngali 1908 itu menurutnya, dapat membangkitkan semangat generasi untuk menggali tentang sejarah. Hal itu kata dia, lebih tepat untuk disajikan kepada generasi milenia sekarang ini.

"Sebab sekarang, generasi kita mengalami degradasi dalam membaca buku, jadi lewat pertunjukan seperti ini mampu membantu generasi-generasi kita yang sudah menurun dayanya dalam membaca buku itu," urainya.

Sementara ketua UKM Biru 09 yang juga pimpinan produksi pementasan Lakon Perang Ngali 1908, Yogi menyampaikan, pertunjukan tersebut merupakan bagian dari program kerja UKM. Dalam persiapannya dibutuhkan waktu dan tenaga yang semaksimal mungkin.

"Kita pikirkan hal ini selama 2 bulan baru kita melakukan latihan. Sedangkan proses latihan cukup lama lagi, selama 5 bulan lamanya, jadi cukup alot dalam persiapannya," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, selain proses persiapan dan latihan yang cukup lama. Pihaknya pun harus berhadapan dengan berbagai kendala lain, seperti pergantian pemain dan lainnya.

"Kita juga ganti aktornya beberapa kali, mamang dibutuhkan perjuangan yang maksimal," tuturnya.

Yogi menambahkan, pada sejarah perang Ngali, merupakan manifestasi perlawanan masyarakat Bima pada saat itu terhadap penjajah. Didalamnya terlibat para jawara dari berbagai pelosok yang ada di Bima.

"Tidak hanya orang Ngali pada saat itu, ada juga orang Donggo, Dena dan lainnya," imbuhnya.

Penulis naskah, Fajrin mengatakan, dalam sejarahnya Perang Ngali merupakan struktur yang hidup dalam kebudayaan orang Bima. Dengan karakter yang keras tapi tidak melupakan nilai akidah.

"Kita tetap menjunjung tinggi nilai-nilai itu walau kita dikenal keras," sebutnya.

Untuk kedepannya, akan diupayakan sebuah novel tentang perang Ngali 1908. Artinya tidak hanya dibuatkan dalam bentuk naskah pementasan lagi.

"Hal ini akan jadi tanggungjawab generasi kedepannya untuk mewujudkan mimpi itu," tegasnya.

Para aktor Pertunjukan Lakon Perang Ngali 1908


Sedangkan Wakil Ketua III STIE Bima, Muhajirin SE, MM, menyampaikan, sangat mendukung dengan adanya industri kreatif tersebut. Selain melatih karakter mahasiswa, hal itu juga akan mempersiapkan para mahasiswa dan mahasiswi STIE khususnya untuk bersaing di jaman sekarang ini.

"Ketika mereka keluar nanti akan mampu bertahan hidup dengan segala kreativitas yang mereka dapatkan, dan ini sangat bernilai positif," ungkapnya.

Sebagai perwakilan lembaga STIE Bima, dirinya menyampaikan ungkapan terimakasih pada generasi UKM Biru 09 yang sudah menginisiasi industri kreatif itu. Tentunya dengan melihat bagaimana proses dalam mewujudkan pementasan yang cukup luar biasa tersebut.

"Kami dari lembaga STIE Bima sangat berterimakasih kepada teman-teman sekalian yang telah berjuang semaksimal mungkin untuk mewujudkan ini dan penuh dengan berbagai pengorbanan," tandasnya. 

Untuk diketahui, ini nama-nama aktor dalam pertunjukan Lakon Perang Ngali 1908. Diantaranya, Ompu kapa'a, Haji Sa'id, Abas, Petugas Belanda dan Jubaidah. Tiket pementasan yang sudah terjual sudah 300 lebih tiket. Pementasan akan dipentaskan 26/27 Februari 2021. (KB-07)


6 komentar:

  1. Halo semuanya

    Nama saya Ahamad Faudzi Abd dari MALAYSIA. Saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada hal baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera hilang dan hilang ketika teman saya pertama kali memperkenalkan saya ke perusahaan ALL GLOBAL HADIAH PINJAMAN, saya pikir itu akan tetap menjadi permainan curang yang sama, tetapi teman saya meyakinkan saya, dan saya juga melihat kesaksian orang lain, saya harus memaksakan diri untuk mengikuti semua proses, pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan, saya mendapat pinjaman RM 5.000.000 di rekening bank MUAMALAT saya Ketika saya diberitahu di telepon saya, saya tidak pernah percaya, ternyata saya bergegas ke bank untuk memastikan bahwa itu benar dan nyata, dan pinjaman itu ada di akun, saya menariknya tanpa komplikasi dan menginvestasikannya dalam bisnis saya Venture.

    Jika Anda menginginkan pinjaman hari ini untuk bisnis dan untuk memulai kehidupan, perusahaan, dan kontrak besar Anda, Silakan hubungi SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL di email mereka di bawah ini.
    Email ............. allglobalgrantloan@gmail.com

    Dan jika Anda menginginkan informasi yang benar dari saya, maka Anda dapat menghubungi saya di email pribadi saya (aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com)

    Saya adalah seorang PENGEMUDI TRUK biasa, tetapi sekarang saya memiliki TRUK dan saya menjadi pemasok besar, saya jamin semua bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN yang baik ini.

    PERUSAHAAN: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBALmail: allglobalgrantloan@gmail.com
    Telp ............. +1(301)971-4445
    e_mail .......... [aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com]

    BalasHapus
  2. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang dikirim ALLAH untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan kepada Anda semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di email saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com
    Whatsapp Perusahaan: +1 (301) 971-444
    Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  3. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com
    Whatsapp Perusahaan: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus
  4. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com
    Whatsapp Perusahaan: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus
  5. Nama saya Asmaul Khusnuliyah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp. 12,3 juta untuk seorang pria di Afrika. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya Bu Mitu Maria yang kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu Helen Wilson, Manajer Kantor Keuangan WEMA, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Ibu Sarah. Maka saya menghubungi Bu Sarah melalui email: helenwilson719@gmail.com dan juga di WhatsApp: +1-585-326-2165

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp640 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan penjamin untuk pengalihan pinjaman tersebut, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya kira itu bercanda sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp640 juta. Saya sangat senang akhirnya ALLAH menjawab doa-doa saya dan Dia telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati Bu Helen yang telah memberi saya kehidupan yang adil, maka saya berpesan kepada siapapun yang berminat mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Bu HELEN WILSON via email: (helenwilson719@gmail.com) dan WhatsApp: +1-585-326-2165 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada ALLAH untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (asmaulkhusnuliyah1@gmail.com)
    Salam pembuka

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.