Dukung Program Swasembada Pangan, Jajaran Kodim Bima Aktif Dampingi Warga - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Dukung Program Swasembada Pangan, Jajaran Kodim Bima Aktif Dampingi Warga

Bima, KB.- 08 Maret 2021

Melaksanakan pendampingan Upsus padi, jagung dan kedelai (Pajale) yang menjadi prioritas pemerintah dalam program swasembada pangan, Babinsa anggota Koramil 1608-03/Sape juga melaksanakan pendampingan panen Bawang Merah. Salah satunya kepada Kelompok Tani  yang berada di Desa Sari Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Senin (08/03/2021).



Terpisah Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku mustafa kamal mengatakan, selain tanaman padi, jagung, kedelai (pajale) yang menjadi prioritas dalam suksesnya program swasembada pangan, diwilayah binaanya juga terdapat berbagai tanaman lain seperti bawang merah juga menjadi komoditi didaerah tersebut. Hal ini menjadi sumber tahap dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat khususnya di Desa Sari Kecamatan Sape,” Ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan panen bawang merah ini, diharapkan menjadi motivasi bagi petani lainnya untuk dapat bersemangat dalam mengolah sawah dan meningkatkan hasil panennya.

Lebih lanjut Letkol Inf Teuku mustafa kamal menambahkan, bahwa petani dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan lahan pertanian, para petani tidak hanya terfokus pada tanaman padi, jagung dan kedelai saja namun harus bisa memanfaatkan dengan baik lahan yang kosong dengan tanaman alternatif yang sesuai dengan kondisi cuaca di wilayah tersebut.

Hal ini bertujuan pada tercapainya ketahanan pangan, sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan memenuhi bahan kebutuhan pokok dan membeli dengan harga yang sangat tinggi khususnya pada komoditi bawang merah”, Tutupnya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.