Program TMMD Bentuk Upaya TNI Menjawab Kebutuhan Masyarakat - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Program TMMD Bentuk Upaya TNI Menjawab Kebutuhan Masyarakat

Bima, KB.- 15 Maret 2021

Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah teritorial Kodim 1608/Bima yang dipusatkan di desa-desa rawan konflik sangat membantu kebutuhan masyarakat. Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Monta Kabupaten Bima itu mampu menekan konflik di wilayah setempat.



Terbukti dengan adanya TMMD tidak lagi ada isu-isu konflik atau pun kriminal lainnya. Sebab warga dan pemuda setempat kini disibukkan dengan pekerjaan positif, yakni bersama-sama menyukseskan TMMD ke 110.



Komandan Kodim Bima, Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal menyampaikan, selama kegiatan TMMD selalu melibatkan warga setempat. Hal itu dilakukan bentuk upaya menjawab kebutuhan masyarakat.


"Sengaja kita libatkan warga dan pemuda disini, karena untuk membuat mereka sibuk dengan pekerjaan hingga tidak lagi berpikir tentang konflik ataupun bentuk kriminalitas lainnya," ungkapnya.




Untuk hari ini kata dia, tidak hanya menyelesaikan pembangunan Deker yang merupakan program fisik dari TMMD. Melainkan ada penyuluhan tentang kesehatan yang melibatkan langsung pihak DPPKB dan Dikes Bima.


"Hari ini selain menyelesaikan program fisik, kita juga melaksanakan program non fisik," tuturnya.



Lebih lanjut dia mengatakan, masyarakat setempat sangat mengapresiasi adanya TMMD. Sebab dengan demikian, kini sudah ada Pospamdu di Wilayah Kecamatan Monta.

Penyuluhan kesehatan



"Dengan begitu dapat meminimalisir terjadinya konflik, sebab akan dilakukan penjagaan ketat selama 24 jam," akunya.



Salah satu warga, Nurmi mengatakan, sangat bersyukur adanya program TMMD. Banyak hal yang didapat warga setempat melalui program itu.


"Alhamdulillah kita juga bisa menerima penyuluhan tentang kesehatan dan menikmati program TMMD, terima kasih kepada Pak Dandim Bima," ujarnya.



Dia juga menegaskan, dengan adanya Pospamdu di wilayah setempat akan dapat meminimalisir terjadinya konflik. Program TMMD menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat umumnya.


"In Syaa Allah, dengan adanya pos jaga disini, saya yakin anak-anak muda disini tidak berani melakukan hal-hal yang melanggar apalagi yang namanya konflik, TMMD mampu menjawab keresahan masyarakat adanya konflik dan kriminalitas selama ini," tutupnya. (KB-07)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.