BKIPM Bima Ekspor 52 Ton Sargassum Kering - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

BKIPM Bima Ekspor 52 Ton Sargassum Kering

Bima, KB.- Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bima menyebutkan, sebanyak 52000 KG Sargassum kering akan diekspor ke Negara China. Yakni secara serentak seluruh Indonesia melakukan ekspor raya di setiap wilayah.

Kepala BKIPM Bima, Ridwan.


"Sargassum yang kita ekspor itu senilai Rp. 300 Juta," ujar Kepala BKIPM Bima, Ridwan, usai mengikuti Vicon Launching Bulan Mutu dan Ekspor Raya Tahun 2021.

Pada momentum yang diadakan satu kali setahun itu, tujuannya untuk memberikan contoh atau pun pelajaran bagi masyarakat. Agar kedepannya, Kabupaten Bima khususnya, tidak hanya menjadi suplayer saja.

"Jadi pengusaha-pengusaha kita yang ada di Bima harus bisa menjadi Eksportir," sebutnya.

Pada launching Bulan Mutu dan Ekspor Raya kali ini tidak hanya melakukan ekspor serentak. Melainkan diselipkan juga kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

"Selain ekspor serentak, kegiatan ini juga terdapat kegiatan sosial. Dan nanti bersama anggota DPR RI, H. Muhammad Syafruddin, kita akan turun berikan bantuan untuk korban banjir Bima," tutupnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir.Hj. Nurma M.Si, kedepannya akan menargetkan Ekspor udang. Udang Vaname ditargetkan penyumbang PAD di tahun selanjutnya.

"Setelah rumput laut, kedepannya kita targetkan Udang Vaname yang kita ekspor. Karena potensinya sangat tinggi di Bima ini," katanya.

Sekitar 5 perusahaan udang Vaname di Kabupaten Bima akan dijadikan sebagai eksportir. Ekspor udang tersebut akan diupayakan secepatnya.

"Dalam waktu dekat, kami dan BKIPM Bima akan mengundang dulu para pengusahanya dan kita bicarakan mengenai hal itu," tutupnya. (KB-07)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.