Ayo Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Jaminan Hidup - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Ayo Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Jaminan Hidup

Kota Bima, KB.- BPJS Ketenagakerjaan merupakan program pemerintahan yang berbadan hukum publik. Namun langsung dibawa kepengawasan presiden. 

Rahman Wahyu Hidayat


Keuntungan bagi yang memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan akan dilindungi selama masih aktif. Tidak hanya itu, melainkan ada program lainnya yang bisa jadi jaminan dalam hidup.

"Ada program jaminan kecelakaan, pensiun, kematian dan jaminan masa tua," ujar Rahman Wahyu Hidayat, (04/08/2021).

Ketika pemilik BPJS ketenagakerjaan mengalami kecelakaan, maka akan dijamin biaya pengobatan. Demikian juga dengan kematian, akan diberikan asuransi kematiannya.

"Begitu juga dengan jaminan masa tua dan pensiunan," sebutnya. 

Bagi yang sudah memiliki BPJS ketenagakerjaan, hanya membayar iuran saja agar kartu tersebut tetap aktif. Dan akan selalu mendapatkan perlindungan dan jaminan hidup pemilik BPJS tersebut. 

"Tidak terlalu banyak iuranya, murah dan tidak memberatkan. Tergantung dari gaji saja, bahkan hanya nilainya puluhan ribu saja," tuturnya. 

Apabila pemilik tidak membayar iuran, maka tidak akan mendapatkan perlindungan selama tidak dibayar. Yakni seperti jaminan kecelakaan, karena kartunya tidak aktif jika tidak baya iuran.

"Selama mereka tidak bayar iuran maka kartunya tidak aktif lagi dan tidak juga dihitung sebagai utang, artinya bila mereka bayar dibulan yang akan datang maka akan aktif sesuai pembayaran iurannya," jelasnya.

BPJS ketenagakerjaan dengan BPJS kesehatan sangat berbeda programnya. BPJS kesehatan hanya mempunyai program kesehatan saja, jika bicara soal kematian, kecelakaan dan lainnya tidak ada program tersebut di BPJS kesehatan.

"Dia hanya bicara tentang kesehatan saja," tutupnya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.