Dikes Kota Bima Gelar Orientasi Tes And Treat HIV Aids - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Dikes Kota Bima Gelar Orientasi Tes And Treat HIV Aids

Kota Bima, KB.- Dinas Kesehatan Kota Bima dibawah kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Drs. H. Azhari, M. Si Menggelar acara orientasi test and treat HIV Aids untuk petugas pelayanan kesehatan di Mutmainnah Kota Bima, 13-15 September 2021.

 


Program pengendalian HIV/AIDS bertujuan utama untuk menghentikan epidemi AIDS di Indonesia pada tahun 2030, dengan tujuan khusus (`three zeros’) untuk menurunkan hingga meniadakan infeksi HIV baru, menurunkan hingga meniadakan kematian yang disebabkan oleh keadaan yang berkaitan dengan AIDS; dan meniadakan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). Untuk mencapai tujuan diterapkan target 90-90-90 yaitu menemukan 90% dari perkiraan Odha yang ada melalui tes HIV,

Mengobati 90% Odha yang ditemukan dan memastikan 90% dari Odha yang diobati mengalami supresi virus (tidak terdeteksi dengan pemeriksaan `viral load’) pada tahun 2027 dan target pada tahun 2030 yaitu 95 — 95 — 95 untuk menyatakan akhir AIDS.

Di Provinsi NTB Kasus kumulatif HIV sampai dengan tahun 2020 sebanyak 1.075 dan Komulatif AIDS sampai dengan Tahun 2020 sebanyak 1.167 orang. ODHA yang telah mengetahui statusnya sebesar 2.178 orang dari target estimasi ODHA di NTB sebesar 5.972.

ODHA yang pernah memulai ART 1447 sedangkan yang masih on ART hanya 905 dari 1.088 ODHA yang pernah memulai ART dan yang loss to follow up 183. ODHA yang on ARV virusnya tersupresi ada 7 orang dari 7 sampel yang di kirim untuk pemeriksaan Viral Load. Hal ini dikarenakan jumlah akses layanan pengobatan yang sangat terbatas secara jumlah serta dengan klinik pengobatan yang tidak tersebar di semua kabupaten yang menimbulkan kesulitan dalam mengakses klinik pengobatan.

Penemuan kasus HIV dan AIDS di Kota Bima pada tahun 2020 sebanyak 8 orang dengan 7 diantaranya disertai dengan penyakit TB sebagai Infeksi Oportunistik (IO) dan 3 diantaranya telah meninggal dunia.

Sementara itu sampai dengan 31 Agustus 2021 telah ditemukan 3 kasus AIDS dengan 2 kasus HIV positif dan 2 diantaranya telah diberi terapi ARV.

Pada tahun 2021, ODHA yang mengetahui status dan masih hidup mencapai 67%, ODHA yang masih dalam pengobatan ARV sebesar 67% dan ODHA yang on ARV.

Sementara itu, target layanan pemeriksaan HIV AIDS dan PIMS di Kota Bima berdasarkan target Standart Pelayanan Minimal (SPM) tahun 2021 mencapai 9.363 orang yang terdiri ibu hamil, calon pengantin, pasien TBC positif serta kelompok populasi kunci seperti Gay/LSL, Waria, Pemakai Narkoba Suntik (PENASUN), Lesbian, Warga Binaan Pemasyarakatan, Pekerja Seks dll.

Pada semester 1 tahun 2021 baru mencapai 1.317 orang (14,7%) yang dilayani pemeriksaan HIV AIDS di seluruh fasilitas pelayanan Kesehatan di Kota Bima.

Oleh karena itu diperlukan langkah percepatan perluasan layanan dan bagaimana membangun jejaring untuk tes dan pengobatan pada seluruh fasilitas layanan Kesehatan di Kota Bima termasuk membangun jejaring untuk menunjang pemeriksaan Viral load pada ODHA.

Berdasarkan hal itu, Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) yang saat ini dikomandani oleh Rita Muflihah, SKM dibawah koordinasi Bidang P3KL Dinas Kesehatan Kota Bima dengan kepala bidang Syarifudin, S.Sos., MPH atas fasilitasi Dinas Kesehatan Provinsi NTB menyelenggarakan kegiatan Orientasi Tes dan Pengobatan HIV AIDS dan PIMS untuk tenaga Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kota Bima.

Kegiatan ini bertujuan : Memberikan Orientasi kepada Layanan yang ada di Kota Bima, Menguatkan Sistim layanan Kesehatan dengan adanya petugas yang sudah dilatih serta Meningkatkan kapasitas SDM di Prov.NTB.

keluaran yang ingin dicapai yaitu : Tersedia tim HIV AIDS dan PIMS yang memiliki kompetensi dalam memberikan peIayanan tes dan pengobatan HIV dan PIMS pada Masyarakat di Kota Bima dan Tersedianya Layanan Tes dan Pengobatan HIV AIDS dan PIMS sehingga pasien yang di temukan bisa langsung mendapatkan pengobatan.

Peserta yang akan dilatih adalah petugas Kesehatan yang terdiri dari : Tenaga dokter, perawat, bidan, petugas farmasi, Petugas laboratorium dan petugas RR di tempat layanan HIV AIDS dan PIMS di Kota Bima.

Kegiatan Orientasi Layanan Tes dan Pengobatan di laksanakan selama 3 hari di mulai dari tanggal 13 s/d 15 September 2021 bertempat di Hotel Mutmainnah Kota Bima dengan Biaya penyelenggaraan pelatihan ini di bebankan kepada DIPA Satker 05 Dinas Kesehatan Provinsi NTB. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.