Mensos RI Mendirikan Lumbung Sosial di Titik-titik Rawan Bencana - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Mensos RI Mendirikan Lumbung Sosial di Titik-titik Rawan Bencana

Kota Bima, KB.- Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini, menginstruksikan kepada seluruh jajaran di lingkungan Kementerian Sosial, untuk bergerak cepat mengantisipasi terjadinya bencana alam. Diantaranya membangun Lumbung Sosial, agar mobilisasi bantuan atau logistik cepat terserap untuk korban bencana alam. 

Foto : Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini

Melalui Kasubdit Tatakelola Logistik Kementerian Sosial Republik Indonesia, Pantyo Nugroho mengatakan, lumbung sosial ini akan dibangun pada titik-titik yang rawan terjadinya bencana alam. 

"Ibu menteri sosial menginstruksikan untuk membangun Lumbung Sosial di setiap titik rawan bencana di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Bima," ujar Pantyo, saat berkunjung di Daerah Kota Bima, Kamis (09/12/2021).


Lumbung sosial menjadi kebijakan umum Mensos, sebagai salah satu upaya membantu kelangsungan hidup masyarakat terdampak bencana. Lumbung sosial didirikan di sejumlah daerah rawan bencana, termasuk di Kota Bima NTB.

"Lumbung sosial tidak hanya berisi kebutuhan logisitik, makanan, namun juga beberapa kebutuhan lainnya untuk kelangsungan kehidupan sosial masyarakat terdampak bencana, untuk di Kota Bima pembuatan Lumbung Sosial akan dibuatkan besok bersamaan dengan pembagian bantuan itu," tuturnya. 

Adapun lokasi pembuatan Lumbung Sosial, bergantung pada letak geografis dan kebutuhan daerah. Artinya, pendekatannya tidak pada administratif, melainkan bergantung letak geografis.

"Lokasi pembuatan Lumbung Sosial tergantung letak geografis, jangan sampai setelah kita bangun, justeru tempatnya terdampak juga dari bencana, karena bergantung pada letak geografisnya," pungkas Pantyo. (KB-07)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.