Gedung Perpustakaan Kabupaten Bima Diresmikan Kapus Nasional - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Gedung Perpustakaan Kabupaten Bima Diresmikan Kapus Nasional

Bima, KB.-  Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, meresmikan gedung layanan perpustakaan Daerah Kabupaten Bima, berlokasi di Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Rabu, (23/3/2022). Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri.



Selain dihadiri oleh staf dari Perpustakaan Nasional, kegiatan itu juga dihadiri Kepala Perpustakaan Provinsi NTB, Bupati Bima, Kepala Perpustakaan Daerah Kabupaten Bima, Pimpinan FKPD lingkup Pemda Bima,   Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Camat, Kades serta masyarakat sekitar. 

Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, menjelaskan, Perpustakaan ini dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perpustakaan dengan tujuan utamanya.

Kata dia, yang pertama adalah mempersiapkan dan menyediakan infrastruktur pelayanan dasar bagi masyarakat Kabupaten Bima.

Yang kedua mempercepat terwujudnya pembangunan di daerah oleh pemerintah pusat gedung yang sangat megah di Kabupaten Bima saat ini.

Dan yang ketiga adalah untuk mempercepat terwujudnya agenda nasional dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai mana Presiden Joko Widodo Ma'ruf Amin adalah menciptakan manusia. 

"Mari kita dukung program Pemerintah untuk meningkatkan SDM di Daerah melalui Perpustakaan," kata dia, 

Bupati Bima didepan Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs. Muhammad Syarif Bando, MM serta jajaran, Sekda Bima, Pimpinan Kepala OPD lingkup Pemda Bima menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perpusnas melihat secara langsung sekaligus meresmikan gedung perpustakaan daerah Kabupaten Bima ini, 

Kata Bupati, di Nusa Tenggara Barat, baru 3 Kabupaten Kota yang terbangun atas dukungan dari Pemerintah Pusat dan Kabupaten Bima salah satunya.

"Kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bima menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI dan Kepala Perpustakaan Nasional RI telah membantu pembangunan gedung perpustakaan Daerah,"tuturnya. 

Lanjut dia, Pemerintah kabupaten Bima akan terus bergerak untuk membangun daerah ini, salah satunya bagaimana Kabupaten terus mempersiapkan infrastrukturnya untuk mendukung proses kemajuan sumber daya manusia yang dimiliki. 

Oleh karena itu, pada kesempatan ini, sebagai Bupati Bima Bima, dirinya menitipkan harapan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Palibelo dan masyarakat Kabupaten Bima khususnya masyarakat yang ada di desa Panda, agar Perpustakaan ini dijaga dan dirawat untuk dimanfaatkan secara bersama. 

"Gedung Perpustakaan ini adalah milik seluruh masyarakat, siapapun boleh hadir menikmati bacaan yang disediakan di tempat ini, juga bisa mempergunakan fasilitas yang disiapkan di gedung perpustakaan daerah ini," kata dia. 

Bupati Bima juga meminta kepala Dinas dan jajaran untuk tetap menjaga mentaati, kemudian memastikan dari sisi kebersihan tetap terjaga sehingga tidak hanya hari ini terlihat megah tetapi hari ini sampai kapan pun bangunan ini tetap akan terlihat megah dan menjadi kebanggaan bagi kita semua.

"Alhamdulillah dengan sudah terbangun begitu megah gedung ini tentunya harus dibarengi dengan fasilitas pendukung, Insya Allah tahun ini kami akan coba anggarkan pada perubahan nanti agar bisa bangunan ini memiliki pagar yang mamadai," kata dia. 

Bupati meminta seluruh masyarakat untuk menjaga fasilitas ini dan mengenang dukungan yang diberikan oleh Presiden dan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 

"Kita harapkan akan tumbuh pustakawan, penulis orang-orang yang memang berjuang di bidang literasi," harapnya. 

"Kita tidak hanya mengharapkan fasilitas yang megah tapi kita harus menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang memadai,"tutupnya. (KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.