DP3AP2KB Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana Bagi Penyandang Disabilitas - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

DP3AP2KB Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana Bagi Penyandang Disabilitas

Bima, KB.- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima Bidang Perlindungan Anak  bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana Bagi Penyandang Disabilitas. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SLBN 1 Bima di Desa Runggu Kecamatan Belo, Jum’at (8/4) tadi pagi.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Anak, Raodah, SST Gz, M.Kes yang ditemui di arena sosialisasi mengatakan, kegiatan itu dimaksudkan dalam upaya melaksanakan Program Pemenuhan hak anak dan Perlindungan khusus anak. “Jadi Program ini saya laksanakan dalam upaya Perlindungan khusus anak dalam situasi darurat terutama anak-anak yang berkebutuhan khusus,” ujar Raodah.

Lanjutnya, Program itu yang jadi sasaran adalah pelajar dan para pendidik yang ada di SLBN1 Bima. Sedangkan yang menjadi nara sumbernya adalah Muh. Gunawan selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima. “Yang menjadi nara sumbernya adalah pegawai BPBD karena merekalah yang memiliki kompetensi untuk memberikan edukasi terkait dengan keBencanaan,” Tandas Raodah.

Sedangkan Muh. Gunawan dalam pemaparannya menjelaskan bahwa Kabupaten Bima memiliki wilayah dengan tingkat resiko tinggi bencana,  “Ada 9 jenis bencana yang selalu melanda wilayah Kabupaten Bima yaitu bencana bamjir, kekeringan, tanah longsor, gunung api, gempa bumi, pitung beliung, dan epide.i,” jelas Gunawan.

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan sosialisasi itu akan menambah pengetahuan para pendidik dan siswa dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. “ Selain peningkatan kapasitas melalui kegiatan sosialisasi perlu juga dilakukan kegiatan simulasi. Akan tetapi mengingat waktu yang sangat terbatas maka hanya teori yang bisa saya jelaskan jelaskan untuk guru dan siswa yang hadir,”terang Gunawan.

Menurut Gunawan, bahwa dalam menghadapi kondisi kedaruratan bencana seperti gempa bumi . Hal yang penting untuk dilakukan yaitu tidak panik, lalu melindungi diri terutama kepala sambil berjalan jongkok serta menunggu komando untuk komando untuk menuju tempat titik kumpul. “Jadi setiap ada bencana baik gempa bumi maupun lainnya, kita tidak boleh panik,” tandas Gunawan.

Usai kegiatan Sosialisasi tersebut, Kabid PA Raodah SSt.Gz.,M.Kes menyerahkan paket bantuan untuk para siswa dan guru serta pegawai UPTD SLBN 1 Bima. Dan diterima langsung oleh Fahmi Hatib.SPd,.M.Pd. “Saya berharap jangan dilihat besar kecilnya pemberian kami, tapi inilah bentuk kepedulian kami selaku pemerintah terhadap anak-anak yang memiliki sifat berkebutuhan khusus. Semoga bermanfaat,” pinta Raodah yang diamini kepsek SLBN 1. Fahmi Hatib seraya berterima kasih atas bantuan dari Kabid Perlindungan Anak.

Hadir pada acara tersebut, Ardiansyah, ST.MN kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Masitah, A.Md selaku KUPT DP3AP2KB Kecamatan Belo bersama Staf. Para Guru dan staf UPTD SLBN 1 Bima, Fahmi Hatib selaku Kepala SLBN 1 Bima.(RED)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.