Lanyala Janjikan Nama Sultan Muhammad Salahuddin Sebagai Pahlawan Nasional - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Lanyala Janjikan Nama Sultan Muhammad Salahuddin Sebagai Pahlawan Nasional

Kota Bima, KB.- Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Lanyala Mahmud Mattalitti berjanji akan memperjuangkan nama Sultan Muhammad Salahuddin  sebagai pahlawan Nasional. 



Pernyataan itu disampiakannya saat melaksanakan kegiatan reses di Istanah Kesultanan Bima (Asi Mbojo), Selasa 07 Juni 2022, dihadapan ketua Majelis Adat dan Sara Dana Mbojo, Jena Teke Kesultanan Bima, Bupati Bima, Walikota Bima, dan ratusan masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Hal itu dikatakannya setelah mendegar aspirasi dari masyarakat Bima yang diwakili, Ketua Majelis Adat, Walikota Bima, dan Bupati Bima. 

Ketua Majelis Adat dan Sara Dana Mbojo, Hj. Ferra Amalia, SE dalam sambutannya menceritakan sejarah perjuangannya dalam rangka mengusulkan nama Sultan Muhammad Salahuddin  menjadi Pahlawan Nasional. 

"Sudah 15 Tahun kami berjuang dan sampai hari ini kami belum bisa mendapatkan gelar pahlawan tersebut. Kami Berhapar kepada ketua DPD RI untuk bisa mendengarkan aspirasi kami dari masyarakat Bima, Karena itu adalah harapan terbesar kami di Bima," tutur wanita yang akrab disapa dae Ferra itu.

Hal yang sama juga disampaikan Walikota Bima, HM. Lutfi, SE, Menurutnya, kemerdekaan bangsa ini juga tidak lepas dari perjuangan para raja dan Sultan nusantara, salah satunya sultan Bima. Untuk itu, mewakili masyarakat Kota Bima, dirinya sangat berharap gelar tersebut bisa segera diwujudkan.

"Langkah Soekarno dalam mewujudkan kemerdekaan adalah, mendekati raja dan sultan bukan mendekati masyarakat. Sehingga peranan para raja dan sultan dalam mewujudkan kemerdekaan sangatlah besar. Jadi besar harapan kami, keinginan masyarakat Bima untuk mendapatkan gelar pahlawan tersebut bisa segera terwujud," pintanya. 

Bupati Bima pun menyampikan keinginan besar keluarga besar Istanah kesultanan bima sejak mendiang Almarhum Suaminya Sultan Ferry Zulkarnain, ST.  "Begitu panjang perjuangan untuk mengusulkan gelar tersebut, kami sangat berharap, Ketua DPD RI bisa membantu kamii dalam mewujudkan cita-cita besar kami masyarakat Bima,"pintanya.

Lanyala, pada kesempatan itu juga menceritakan sedikit sejarah berdirinya negera ini yang tidak lepas dari peran serta para raja dan sultan nusantara. karena sebelum lahirnya sumpah pemuda, para raja dan sultan sudah lebih dulu melawan penjajah belanda, yang pada akhirnya mau meleburkan diri dengan negara kesatuan Republik Indonesia. Festival Keraton Nusantara adalah salah satu bukti adanya pengaruh besar kesultanan di negeri ini.

"Insya Allah saya dan anggota DPD perwakilan NTB, akan sama-sama berjuang untuk mendapatkan gelar Sultan Muhammad Salahuddin sebagai pahlawan  nasional. Tidak hanya Sultan Salahuddin, tetapi para raja dan sultan se nusantara yang telah memberikan banyak kontribusi untuk kemerdekaan negara ini juga kami perjuangkana," janjinya. (KB-03) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.