Persiapan Uji Sampling, Bawaslu Gelar Rapat Konsolidasi - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Persiapan Uji Sampling, Bawaslu Gelar Rapat Konsolidasi

Bima, KB.- Bawaslu Kabupaten Bima menggelar Rapat Konsolidasi bersama KPU Kabupaten Bima. Kegiatan itu, dilaksanakan di Hotel Marina Kota Bima, Sabtu (05/11/2022).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, S.Pd. 

Pada rapat konsolidasi tersebut, Bawaslu Kabupaten Bima, mengundang anggota panwascam khusus Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas. Yakni, untuk memperkuat pemahaman pengawasan ditingkat kecamatan pada persiapan Uji Sampling hasil verifikasi faktual calon peserta pemilu. 

"Tujuannya, untuk mempersiapkan anggota pengawas ditingkat kecamatan, agar dapat memastikan kebenaran di lapangan dari hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kabupaten Bima," ujar Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima yang biasa disapa Bang Joe. 

Kata dia, Bawaslu akan memastikan hasil verifikasi faktual tersebut melalui Uji Sampling sebanyak 10 persen dari data keanggotaan partai politik. 

"Nanti kita akan koordinasikan dengan KPU agar data keanggotaan partai politik tersebut, dapat kita pastikan kebenaran proses verifikasi faktualnya di lapangan," sebutnya. 

Adapun bentuk pengawasannya, yakni dengan cara memastikan prosedur verifikasi faktual keanggotaan yang dilakukan KPU di lapangan. 

"Nanti di lapangan, yang harus kita pastikan bagaimana cara KPU melakukan verifikasi faktual di lapangan, selain kesesuaian KTA dan KTP, kita juga harus memastikan seperti apa cara teman-teman dari KPU dalam melaksanakan tahapan verifikasi faktual tersebut," tegasnya. 

Bang Joe berharap, agar kesiapan pengawasan ditingkat kecamatan benar-benar dimatangkan. Baik dari pemahamannya, atau pun bentuk strategi pengawasan di lapangan.

"Saya berpesan terhadap teman-teman pengawas ditingkat kecamatan, untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin dalam melakukan pengawasan, terlebih dalam waktu dekat akan dilaksanakan tahapan pemutakhiran data pemilih, yang dimana, tahapan ini dilaksanakan sebelum direkrutnya pengawas tingkat desa, maka dari itu, dengan anggota pengawas yang cukup sedikit ditingkat kecamatan agar dapat mempersiapkan strategi pengawasan yang matang," tutupnya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.