Kadikes : Waspadai Penyelenggaraan Penyakit Saat Cuaca tak menentu - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Kadikes : Waspadai Penyelenggaraan Penyakit Saat Cuaca tak menentu

Bima, KB.-  Kelapa Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bima, Fahrurahman SE, MM, mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bima,  untuk mewaspadai penyebaran berbagai jenis penyakit saat musim hujan.

Fahrurahman, SE MM


“Saat ini wilayah Kabupaten Bima semakin sering diguyur hujan. Karena itu, ckita imbau kembali kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang muncul,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Bima Fahrurahman SE, MM

Kata mantan kadis Kominfo ini, beberapa penyakit yang sering muncul saat musim hujan seperti flu, batuk, diare, disentri, cacingan, infeksi saluran pernafasan (ISPA), malaria dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi penyakit pancaroba itu, dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Batuk dan pilek serta demam merupakan penyakit yang memiliki potensi paling tinggi, dan dapat dicegah oleh masyarakat dengan menerapkan pola hidup bersih yang dimulai dari lingkungan rumah masing-masing.

“Untuk itu, warga harus secara rutin bersama-sama dapat melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, seperti parit atau selokan agar tidak terjadi genangan, karena genangan air dapat menjadi sarang nyamuk yang bisa saja membawa DBD,” katanya

Warga juga harus rutin memantau dan mengecek kondisi lingkungan sekitar rumahnya, seperti membuang genangan air di berbagai tempat, karena dapat menjadi sarang nyamuk yang berpotensi membawa penyakit DBD.

Ia menambahkan, saat musim hujan dan pada umumnya suhu tubuh seseorang tidak stabil dan mudah menurun, sehingga rentan terserang berbagai penyakit.

Apalagi, saat ini kondisi cuaca di Kabupaten Bima ini sering berubah-ubah dari cuaca panas tiba-tiba berubah hujan dan sebaliknya.

“Selain menerapkan pola hidup bersih masyarakat juga harus menjaga pola hidup sehat, yakni dengan memakan sayur dan buah, berolahraga rutin, serta cuci tangan dengan sabun untuk mencegah penyebaran penyakit musim hujan yang dapat terjadi dengan cepat,” katanya.

Dengan melakukan pencegahan tersebut, daya imunitas dapat menangkal bibit penyakit yang menghampiri tubuh, apabila daya imunitas berkurang, penyakit tersebut akan mudah menyerang tubuh dan penyebaranya sangat cepat. (KB-02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.