Waspadai Batuk-Flu Dampak Cuaca Ekstrim, Dikes Imbau Masyarakat Jaga Ketahanan Tubuh - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Waspadai Batuk-Flu Dampak Cuaca Ekstrim, Dikes Imbau Masyarakat Jaga Ketahanan Tubuh

Bima, KB.- Dinas Kesehatan Kabupaten Bima mengimbau seluruh masyarakat untuk waspadai penyakit batuk dan flu (pilek) akibat cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Bima.


Afifudin SE, MM


"Penyakit batuk dan pilek di Kabupaten Bima saat cuaca ekstrem memang mendominasi," ujar Kepala Dikes Kabupaten Bima melalui Sekretarisnya Afifudin SE, MM pada media ini Kamis, 11/5/2023.


Dinkes Kabupaten Bima mengimbau masyarakat agar meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan dalam menghadapi cuaca ekstrem.


Dinkes mengingatkan masyarakat menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik bisa melindungi masyarakat dari virus.


"Langkah-langkah menguatkan imunitas tubuh bisa dimulai dengan makan teratur, istirahat atau tidur cukup, konsumsi vitamin, mencukupi kebutuhan buah dan sayur,"imbuhnya 


Selain itu, lanjut dia, kebersihan lingkungan termasuk faktor penting yang mesti dijaga saat memasuki cuaca ekstrem, antara lain perbaikan sanitasi, menjaga kebersihan, dan kesehatan lingkungan.


Papi Afif sapaanya menambahkan, untuk tetap menjaga stamina tubuh dengan memperbanyak minum air putih, guna menghindari dehidrasi.


Karena, menurutnya, di musim kemarau saat ini, panas cuaca di siang hari, terlebih bagi yang memiliki aktifitas tinggi, dapat menguras banyak mengeluarkan keringat, apabila tidak diimbangi dengan banyak minum air putih, tentunya akan mengalami dehidrasi.


"Dengan banyaknya minum air putih di kala musim kemarau seperti sekarang ini, tidak hanya mencegah dehidrasi, tetapi juga menghindari serangan radang tenggorokan, dan infeksi saluran pernafasan, akibat panas dan debu yang terhirup melalui hidung,"tandasnya.


Tidak hanya itu, lanjutnya, kekurangan minum air putih itu juga, dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit, kulit menjadi kering dan menimbulkan iritasi terhadap kulit.


"Maka dari itu perbanyaklah minum air putih, baik pagi, siang sore dan malam hari, ditambah mengkonsumsi buah-buahan ,"ajaknya. (KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.