Dikes dan Dukcapil Kabupaten Bima Jalin Kerjasama Penerbitan Data Kependudukan - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Dikes dan Dukcapil Kabupaten Bima Jalin Kerjasama Penerbitan Data Kependudukan

Bima, KB.- Terobosan baru yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dalam menerbitkan Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Kematian dan Kartu Keluarga (KK) menjalin kerjasama (MoU) dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima Senin, 14/8/23. 


Kerja sama antara Dikes dan Disdukcapil ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kadis Dikes di dampingi Sekretarianya, dengan Kepala Dukcapil.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima melalui Sekretarisnya Afifidun SE,MM mengatakan, Dikes bukan hanya melakukan kerja sama dalam hal pembuatan akta kelahiran anak saja, juga melakukan kerja sama pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), akta kematian dan KK.

“Dengan perjanjian ini, agar setiap bayi baru lahir langsung mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak,”terangnya.

Papi Afif sapaanya menjelaskan, cara ini merupakan salah satu inovasi peningkatan dalam upaya memberikan pelayanan berkaitan dengan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

“Maksud dan tujuan perjanjian kerjasama ini yaitu untuk peningkatan pelayanan pembuatan akta kelahiran, akta kematian, kartu identitas anak dan perubahan kartu keluarga secara efektif dan efisien, dalam rangka pemenuhan hak identitas anak untuk memudahkan akses pelayanan kesehatan, pendidikan dan bentuk pelayanan lainnya,”imbuhnya.

“Kami dari Dinas Kesehatan berterima kasih kepada Dukcapil dan mendukung adanya kerjasama sama ini, karena sangat membantu masyarakat dalam pemenuhan hak identitas kependudukannya dan berharap agar kerjasama ini dapat berjalan lancar ke depannya,” ucapnya.(KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.