Kepala Dikes Imbau Warga Jaga Kondisi Fisik saat Cuaca Panas - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Kepala Dikes Imbau Warga Jaga Kondisi Fisik saat Cuaca Panas

Bima, KB.- Kabupaten Bima dilanda cuaca panas yang cukup terik.Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Fahrurahman SE,memberikan imbauan kepada masyarakat. Ia mengatakan, cuaca panas yang saat ini terjadi dapat berakibat mengganggu aktivitas harian. Dan juga berpotensi mengganggu kesehatan pada masyarakat, terutama yang beraktivitas diluar rumah.

Fahrurahman SE,M.si


“Menghadapi cuaca panas tersebut, Kami menghimbau masyarakat untuk melakukan persiapan guna meminimalisir berbagai dampak cuaca panas bagi kesehatan. Cermat dalam menyiapkan kondisi tubuh agar tetap fit di cuaca ekstrem,” katanya.

Mantan Kadis Kominfo ini pun membeberkan beberapa tips menghadapi cuaca panas tersebut. Yang pertama katanya memperbanyak minum air putih, jangan menunggu haus untuk mencegah dehidrasi.

Kedua, lanjut dia, hindari minuman berenergi, alkohol dan manis. Yang ketiga, jika mempunyai kegiatan atau beraktivitas tinggi di luar ruangan, maka disarankan gunakan topi atau payung, untuk menghindari kontak dengan sinar matahari langsung.

“Tips ke empat, gunakan baju berbahan ringan dan longgar, kalau bisa hindari mengenakan baju berwarna gelap. Apabila terasa panas sekali, untuk tips kelima, lebih baik berteduh di antara jam 11.00-15.00 wib, sebisa mungkin untuk menghindari paparan langsung matahari,” terangnya.

Sedangkan tips ke enam, sambung dia, jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir, baik dengan jendela terbuka maupun tertutup. Kemudian, tips yang ketujuh ini harus menyediakan botol semprot air dingin di dalam kendaraan.

Ia juga memperingati masyarakat apabila muncul gejala kesehatan seperti keringat berlebih, kulit terasa panas dan kering. Lalu jantung terasa berdetak lebih cepat, kulit terlihat pucat, kram pada kaki atau daerah perut, mual, muntah, pusing dan urin berwarna kuning pekat.

“Jika muncul gejala tersebut, dinginkan tubuh dengan kain basah atau spons basah. Pada pergelangan tangan, leher, dan lipatan tubuh lainnya serta banyak minum air. Jika masih bergejala, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan,” pungkasnya.

*RED*

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.