Tahun Ini, STIE Bima kembali mencetak 265 Sarjana - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Tahun Ini, STIE Bima kembali mencetak 265 Sarjana

Kota Bima, KB.- Sebanyak 265 mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima mengakhiri proses perkuliahan dengan mengikuti Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana Ekonomi angkatan XX Tahun 2023, di auditorium kampus setempat, Kamis (26/10). Didampingi kedua orang tua, mereka telah menunjukan keberhasilan selama menjadi mahasiswa kampus ternama di NTB tersebut.

Kegiatan ini, turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Mohammad Rum dan Ketua LL Dikti wilayah VIII. 

Kegiatan Wisuda STIE Bima Tahun 2023.


Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di STIE Bima. 


"Terima kasih kepada wisudawan dan wisudawati. Kepercayaan terhadap STIE Bima, mudan-mudan tidak terputus," ungkapnya. 


Firdaus mengungkap, untuk menghadirkan kualitas dalam melaksanakan Tridharma, STIE Bima sebagai lembaga pendidikan yang mencetak sumber daya terus membangun kerjasama dengan sejumlah pihak, baik tinggal regional, nasional maupun internasional. 


"Namun demikian kami tetap terus melakukan pembenahan. Terutama menyesuaikan kebijakan-kebijakan strategis yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap saat yang berubah setiap saat," jelas Firdaus. 


Lanjutnya, Pada tahun ini, kami kembali menyelenggarakan wisuda yang ke-XX. Artinya, terdapat ribuan sarjana ekonomi alumni STIE Bima yang kini mengisi hampir semua lini, baik di pemerintahan, BUMN, BUMD, lebih-lebih dunia usaha atau entrepreneurship.


Menurut pria yang menyandang gelar ST MM itu, hal ini sejalan dengan visi besar STIE Bima yaitu menciptakan SDM berkualitas professional yang memiliki jiwa entrepreneurship. Maka dari itu, pihaknya dari lembaga terus menyelenggaran kebijakan strategis, dalam rangka mempersiapkan SDM unggul, sebagai ujung tombak dalam pembangunan daerah tercinta ini.

Foto bersama dengan 10 Wisudawan terbaik.


Firdaus menegaskan, akan terus membentuk suatu iklim atau ekosistem perguruan tinggi yang sehat, yang mengedepankan kualitas, bukan hanya sekedar kuantitas. Untuk menghadirkan kualitas dalam pelaksanaan Tri Dharma, terus dibangun kerjasama dengan sejumlah pihak, baik tingkat regional, nasional hingga internasional.

Namun demikian, STIE Bima masih terus melakukan pembenahan-pembenahan terutama dalam menyusaikan kebijakan-kebijakan serta tuntutan zaman yang setiap saat dapat berubah secara signifikan. Beberapa strategis yang dilakukan dalam rangka menanamkan jiwa entrepreneurship adalah, melatih mahasiswa sejak menginjakkan kaki di STIE Bima, dengan harapan ke depan ketika menjadi alumni, menjadi para sarjana hebat, yang mampu menghadirkan lapangan pekerjaan bagi yang lainnya.


Pada kesempatan itu dirinya menuturkan, Lembaga STIE Bima dengan segala kemampuan sudah melakukan hal terbaik untuk mahasiswa dan mahasiswi. Keberadaan perguruan tinggi seyogyanya adalah tempat menempa diri, membentuk diri untuk menyiapkan diri sebagai pejuang di kemudian hari. Sebagai pejuang, tentu harus menjadi pemenang dalam segala hal, terutama dalam bidang ekonomi bahkan dalam bidang apapun nantinya.

“Kepada orang tua atau wali wisudawan-wisudawati, kami sampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya karena sudah memberikan kepercayaan kepada STIE Bima. Setidaknya 4 tahun terakhir kami dipercaya menjadi orang tua angkat. Selanjutnya kami menyerahkan kembali putra-putri bapak-ibu dengan segenap modal ilmu, pengetahuan, pengalaman agar bisa digunakan secara maksimal untuk membahagiakan bapak-ibu, lebih-lebih nusa dan bangsa,” tambahnya

Penjabat Walikota Bima, H.Muhamad Rum, MT, mengapresiasi Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, yang telah mampu menciptakan suasana pendidikan yang baik di Kota Bima dan mencetak para Wirausaha Muda di Kota Bima.


Dalam Sambutannya, saat kegiatan Wisuda STIE Bima, Muhammad Rum menyampaikan, Dalam rangka menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal pemerintah harus hadir dan berkerja sama dengan kampus-kampus yang ada. 


"Pemerintah harus dan mengintervensi Anggaran Minimal 20 persen untuk pendidikan. Intervensi anggaran ini demi menciptakan sumber daya yang mumpuni. Sehingga Kota Bima memiliki SDM yang Siap dipakai untuk kemajuan daerah kedepannya,"tuturnya.


Lanjutnya, Sehingga dengan adanya SDM yang mumpuni dan siap pakai ini, maka lulusan perguruan tinggi tidak lagi berorientasi untuk menjadi ASN semata, tetapi bisa menjadi Enterpreneur.


"Menurut saya, Kampus melahirkan ASN itu gagal, yang berhasil itu, melahirkan wirausaha. Makanya pemerintah harus hadir dan mengintervensi,"bebernya.


Dirinya juga berjanji untuk kedepannya terutama untuk kemajuan Kota Bima, mengajak pihak Bank untuk masuk kampus dan pemerintah Kota Bima akan memfasilitasi itu. 


"Pihak Bank harus Memberikan modal usaha kepada adik-adik mahasiswa atau wisudawan yang ingin mengembangkan usahanya, Pemkot Bima akan hadir untuk memfasilitasi itu," janjinya. 

Kepala LLDIKTI Bali NTB I Gusti Bagus Lanang Eratodi saat menyampaikan sambutan pada acara wisuda STIE Bima.


Sementara itu, Kepala LLDIKTI Bali NTB I Gusti Bagus Lanang Eratodi begitu mengapresiasi kampus STIE Bima telah menjalankan keinginan pemerintah untuk ambil bagian mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Saya sangat berterima kasih dan bangga dengan apa yang sudah dilakukan STIE Bima. Termasuk telah menyiapkan Kampus Merdeka,” ujarnya.

Menurut dia, sudah banyak ilmu dan pengalaman hidup yang diberikan STIE Bima untuk para mahasiswa yang diwisuda hari ini. Kini para wisudawan dan wisudawati tinggal menata hidup dan melangkah raih cita cita.

“Saya melihat alumni STIE Bima mampu mengembangkan dan mempromosikan Kain Tenun Daerah dan juga mampu mengemas produk biasa menjadi produk yang bernilai jual tinggi,"bebernya.

Di akhir sambutan, dirinya tidak henti-henti mengungkapkan rasa bangga dengan adanya sejumlah prestasi STIE Bima.( KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.