Siap Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol, Bawaslu Bima Matangkan Jajaran Add Hock - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Siap Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol, Bawaslu Bima Matangkan Jajaran Add Hock

Bima, KB.- Jelang pelatihan saksi partai politik, Bawaslu Kabupaten Bima mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) di Marina Inn Kota Bima. Rapat tersebut berlangsung dua hari, Minggu (03/12/2023)  s/d Senin (04/12/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, S.Pd

Rapat Kordinasi tersebut dihadiri seluruh jajaran Add Hock di tingkat Kecamatan Se-kabupaten Bima. Dengan tema "Persiapan Fasilitasi Pelatihan Saksi Partai Politik Pada Pemilu Tahun 2024" 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin mengatakan, Rakor fasilitasi jajaran add Hock ini dilaksanakan untuk mematangkan persiapan jajaran Add Hock dalam meningkatkan kapasitas para saksi yang akan dilatih dan dilakukan pembekalan. 

"Sebagaimana ketentuan UU bahwa pengawas pemilulah yang akan melakukan bimbingan teknis pada saksi-saksi partai politik," ujarnya. 

Dilanjutkannya, sebagaimana hasil evaluasi Bawaslu Bima pada pemilu sebelumnya, kontribusi Partai Politik untuk menghadirkan saksi Parpol pada agenda Bimbingan Teknis amatlah kurang. Sehingga menurutnya, pada momentum persiapan ini Bawaslu menyusun strategi yang matang agar para saksi mendapatkan pemahaman yang komprehensif. 

"Kami tidak ingin, partai politik itu menganggap remeh soal pendidikan saksi partai politik, karena mereka sebenarnya yang memiliki tugas penting ketika mereka berada dalam arena TPS," jelasnya.

Bawaslu berharap, dalam pelatihan saksi yang akan difasilitasi oleh pengawas pemilu nantinya, Partai Politik dapat berperan aktif untuk mengutus dutanya sebagai saksi pada pelatihan di tingkat kecamatan. 

"Kami berharap saat ini, partai politik telah menyiapkan personilnya yang akan ditugaskan menjadi saksi, sehingga memudahkan pengawas pemilu melakukan pendataan," tutupnya. (KB-TIM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.