Awasi Coklit, Ketua Bawaslu Bima Cek Kesiapan Pasukan - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Awasi Coklit, Ketua Bawaslu Bima Cek Kesiapan Pasukan

Bima.BawasluBimaKab.,- Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, melakukan supervisi dan monitoring ke Panwascam dan Panwas Desa guna memastikan kesiapan jajarannya untuk awasi pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidi, S.Pd., MH. yang mengenakan kacamata saat monitoring di Kecamatan Monta. 

Senin (24/6), Junaidin cek langsung kesiapan pasukannya di Kecamatan Woha dan Monta, sekaligus memberikan arahan dan bekal tentang strategi pengawasan kepada Pengawas Desa yang dihadirkan di Sekretariat Panwascam. 

Kata Joe, sapaan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, dalam melaksanakan pengawasan Mutarlih, pengawas Pemilu jangan menjadi 'kurir' yang kerjaannya hanya mengambil data dari Pantarlih. Namun harus memiliki data yang orisinil dari hasil pengawasan. "Jangan justru data yang diperoleh atau diminta dari Pantarlih kemudian langsung diteruskan ke Panwascam sebagai laporan hasil pengawasan," urainya.

Untuk memperoleh hasil pengawasan yang autentik, jelas Ketua Bawaslu, Pengawas Pemilu harus secara melakat awasi Coklit. Selain itu, Pengawas Pemilu wajib melakukan audit investigasi terhadap proses coklit oleh Pantarlih. "Pengawasan melekat dan uji sampling, menjadi strategi Bawaslu untuk menguji ketaatan dan kepatuhan Pantarlih dalam melaksanan Coklit.  

Joe berharap, KPU Kabupaten Bima serius memberikan bekal pemahaman tekhnis Coklit kepada Pantarlih, agar petugas yang bekerja selama sebulan lamanya itu mendapatkan data pemilih yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. "Kualitas data pemilih bergantung pada hasil Coklit ini. Jadi saya ingatkan sahabat KPU agar secara cermat memberikan pemahaman kepada mereka," pintanya. (KB-02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.