Jeda Waktu Lampu Merah Terlalu Lama Mengundang Pelanggaran - Kabar Bima

Jeda Waktu Lampu Merah Terlalu Lama Mengundang Pelanggaran

Kota Bima,KB.- Beberapa minggu ini, masyarakat Kota Bima dikagetkan dengan kembali aktifnya Lampu Lalu Lintas (Traffic Ligth) di Cabang Empat Na'e Kelurahan Na'e Kota Bima. Anehnya, Lampu Lalu Lintas tersebut tidak seperti lampu merah pada umumnya. Lampu Lalu Lintas yang biasa dilihat di tempat lainnya, itu biasanya memiliki durasi waktu 32 detik dan itu sudah maksimal. Tapi lampu merah yang baru diaktifkan kembali ini, memiliki durasi waktu yang cukup panjang, yaitu 60 detik (1 Menit).

Lampu Merah Cabang Na'e. (Foto Yaman)
Hal ini membuat masyarakat Kota Bima bertanya-tanya. Ada apa sebenarnya dengan lampu merah itu? kenapa durasi waktunya sampai selama itu.

Menindak lanjuti persoalan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan H. Zulkifli M.Ap melalui Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima, Sugiarto pada Kabar Bima mengatakan, persoalan lampu lalu lintas itu, pihaknya tidak tahu menahu. Karena lampu merah itu dikerjakan oleh pihak ketiga selaku pelaksana proyek. Dan mengenai durasi waktunya mereka pun tidak mengetahuinya. Karena pihak pekerja tidak pernah berkordinasi dengan pihak Dishub Kota Bima selaku Dinas Tekhnis.

"Mereka tidak pernah berkordinasi dengan kami. Seharusnya mereka sebelum mengaktifkan lampu merah itu harus berkordinasi dengan kami,"ujar Mantan Kabid Perhubugan Kota Bima itu, Jum'at (25/08/2017).

Dikatakanya, mestinya lampu merah di Cabang Na'e itu tidak harus selama itu. Karena memang arus lalu lintas disitu tidak terlalu padat. 

Kalau lampu merah selama itu lanjut dia, justru akan berdampak kepada masyarakat. Akibat terlalu lama menunggu, akan membuat masyarakat merasa bosan, sehingga harus melanggar aturan.

"Karena lampu merahnya lama, maka masyarakat akan langsung terobos tanpa menunggu lampu hijau, itu yang perlu dikawatirkan,"jelasnya.

"Terkait lampu merah ini, nanti akan saya koordinasikan dengan PPKnya,"tutur Pria yang baru menjabat Sekretaris Dishub itu.

Hingga berita ini ditulis, PPK yang coba dikonfirmasi Kabar Bima tidak ada di tempat.

"PPKnya Sakit, dia hari ini tidak masuk kantor," ujar teman sekantornya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.