Owner Koran Stabilitas Nyaleg di Dapil I Mengendarai PAN - Kabar Bima

Owner Koran Stabilitas Nyaleg di Dapil I Mengendarai PAN

Bima, KB.- Rafidin, S.Sos, seorang wartawan senior sekaligus pimpinan umum (Owner) Koran Stabilitas, Selasa (16/01/2018) siang secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal Calon Anggota Legislatif (Caleg) Kabupaten Bima untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 melalui Partai Amanat Nasional (PAN).


Pimpinan media yang dikenal kritis ini akan berkompetisi di Daerah Pemilihan Satu (Dapil I) meliputi Kecamatan Soromandi, Donggo, Sanggar dan Tambora. Pendaftaran pria kelahiran Desa Sampungu ini diterima langsung Ketua DPD PAN Kabupaten Bima Muhammad Aminurlah di sekretariat pendaftaran PAN di Lingkungan Ni’u Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima.


Pada kesempatan itu, Rafidin mengutarakan niatnya untuk maju sebagai Caleg atas dasar kecintaannya pada daerah kelahiran dan semata-mata ingin mengabdi kepada masyarakat. 

“Saya maju tujuannya mengabdi, walaupun di dunia jurnalistik kita sudah banyak berbuat untuk masyarakat melalui berita. Tetapi kita tidak bisa mengambil kebijakan karena tidak masuk dalam sistem pemerintahan,” terangnya..

Menurutnya, selama ini memang sudah ada figur dari jurnalis yang masuk ke parlemen dan cukup vokal menyuarakan perubahan. Namun dinilainya belum cukup karena masih banyak aspek yang belum disentuh. Terutama di Kecamatan Soromandi. Ia tahu persis bagaimana kesenjangan pembangunan masih sangat jauh, karena tidak adanya keterwalikan putra dari Soromandi.

“Pembangunan di wilayah Soromandi masih kurang, terutama di desa kelahiran saya. Itu karena tidak adanya keterwakilan wakil rakyat disana,” ujarnya.

Dirinya sangat prihatin melihat infrastruktur jalan dan jembatan yang tidak disentuh sama sekali oleh pemerintah selama ini di Soromandi. Masih banyak jalan belum dihotmiks sehingga warga harus menempuh waktu berjam-jam padahal jarak tidak terlalu jauh karena tidak sampai 100 KM. Hal ini tentu menghambat peningkatan ekonomi masyarakat karena sulitnya akses transportasi.

“Dengan saya masuk di parlemen, kita bisa memperjuangkan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi impian masyarakat. Serta pembangunan di bidang lainnya, seperti kesehatan dan pertanian,” papar dia.

Rafidin S.Sos saat menyerahkan dokumen Pendaftaran.
Ia memilih PAN sebagai kendaraan politik karena dinilainya  partai itu punya integritas dan memiliki citra yang bagus di masyarakat. Ia juga melihat kiprah M Aminurlah selaku Ketua DPD PAN Kabupaten Bima sangat baik, kritis dan berjiwa pendobrak selama menjabat sebagai anggota dewan.

"Selama ini, Kader PAN di daerah maupun di pusat jarang ditemukan yang cacat namanya," ujarnya sedikit memuji.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kabupaten Bima Muhammad Aminurlah, SE menyambut baik pilihan Rafidin untuk maju sebagai Caleg Dapil I melalui PAN. Ia sangat dekat dan mengenal dengan baik sosok Rafidin selama ini sebagai pimpinan media. 

“Saya melihat Rafidin sangat dikenal oleh masyarakat, jiwa sosialnya tinggi, potensi itu akan menjadi bahan pertimbangkan kami dan masyarakat untuk menjatuhkan pilihan,” kata Maman, sapaan akrab Muhammad Aminurlah.

Ditanya berapa banyak yang sudah mendaftar sebagai Caleg di PAN, Maman menyatakan bahwa sejauh ini kuota Caleg PAN di semua dapil sudah banyak terisi sekitar 90 porsen. Rata-rata yang mendaftar didominasi figur muda dari berbagai latar belakang. Sisanya kader partai baik yang mendaftar baru maupun yang mencalonkan diri kembali.

“Tahapan pendaftaran ini sudah kami buka sejak bulan lalu untuk semua dapil dan akan berakhir pada Februari 2018 mendatang. Kita tinggal menunggu pendaftaran perempuan untuk memenuhi keterwakilan kuota 30 persen. Sebenarnya sudah ada figur-figur itu dari LSM maupun tokoh perempuan di semua dapil, mereka tinggal mendaftar saja,” jelas Ketua DPD PAN Kabupaten Bima. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.