Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Dengan Media Massa - Kabar Bima

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Dengan Media Massa

Kota Bima, KB.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima, Rabu (05/09/2018) malam, menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Kegiatan tersebut berlangsung di Vila Kosambo dan dihadiri oleh sejumlah pimpinan media cetak, online dan elektronik.

Ketua Bawaslu Kota Bima, Muhaimin mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yaitu, agar pelaksanaan pemilu tahun 2019 nanti bisa berjalan dengan lancar dan aman.

"Ini merupakan kegaiatan, atau pertemuan kedua kalinya kita dengan media, setelah pilkada Kota Bima kemarin,"katanya.

Lanjut dia, Apa yang kalian lakukan media dulu pada saat pilkada Kota Bima, memiliki peran yang sangat strategis dalam mensuseskan dan mengawal pilkada Kota Bima, sehingga pilkada Kota Bima bisa berjalan sukses dan aman.

"Atas keberhasilan itu kami dari Bawaslu mengucapkan terimakasih kepada media, karena telah mengawal pelaksanaan Pilkada sehingga bisa sukses terlaksana dengan baik,"tuturnya.

Selain pengawasan pilkada, dalam pertemuan ini ada hal lain juga yang ingin disampaikan yaitu kaitan dengan, kegiatan pengawasan yang pihak bawaslu lakukan.

"Perlu diketahui bersama, bahwa berdasarkan hasil pengawasan kami sebelum masuk tahap kampanye, kami menemukan ada pelanggaran kampenye, seperti pemasangan alat peraga kampanye (APK ) yang dipasang oleh calon anggota lesgislatif,"tuturnya.

Lanjutnya, kaitan dengan temuan itu bawaslu sudah mengeluarkan surat himbauan kepada partai politik peserta pemilu agar segera menertipakan APK tersebut.

"Karena sesuai dengan amanat PKPU, sebelum penetapan sebagai daftar calon tetap, caleg dilarang memasang APK. Tiga hari sesudah penetapan baru bisa memasang APK,"jelasnya.

Kata dia, apa yang dilakukan oleh para caleg peserta pemilu hari ini dianggap sudah melalukan kampanye diluar dari PKPU.

"Nah pertemuan yang kita lakukan malam ini yaitu, kami ingin mencegah terjadinya pelanggaran, akibat ketidak tahuan mereka. Maka dari itu perlu kami sampaikan,"katanya.

Muhamin juga menyampaikam, soal APK caleg, tadi pukul 04.00 sore hari pihaknya sudah melakukan pembersihan ataupun penertiban APK yang belum sempat ditertipkan oleh partai politik.

"Sesuai janji, tadi (Sore kemarin.red) kami sudah turun menertibkan APK bersama Sat Pol PP, dan TNI/Polri,"katanya.

"Penertiban tadi, kami lakujan di jalan protokol dan jalan gajah mada. Dan sisanya yang belum sempat dibersihakn akan kami lanjutkan besok,"sambungnya. (KB-04)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.