Polres Mataram Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan - Kabar Bima

Polres Mataram Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Mataram, KB.- Polres Mataram melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran pada 73 Tahun silam setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan.


Kapolres Mataram, AKBP Saiful Alam, SH, MH membacakan amanat Mentri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, pada upacara memperingati Hari Pahlawan di Mapolres Mataram, Sabtu (10/11/2018).


"Setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan," ujar Kapolres Mataram.

Kapolres Mataram, mengatakan bahwa upacara pengibaran bendera merah putih dengan mengheningkan cipta selama 60 detik, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air untuk memperkuat nilai kepahlawanan.

"Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia," jelas AKBP Saiful Alam.

Peringatan Hari Pahlawan guna menstranformasikan keberanian dan menjadi inspirasi rakyat dan mempekuat dalam pergaulan dunia.

"Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya. Oleh kerena itu, peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentansformasikan semangat pahlawan menjadi kedaulatan dalam melaksanakan pembangunan. Menjadikan inspirasi rakyat Indonesia untuk inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia," ungkapnya.

Kemudian, bangsa membutuhkan pemuda yang kokok dengan jati dirinya, mempunya karakter lokal yang luhur dan peka terhadap kesenjangan sosial serta memberikan pelayanan sosial bagi yang membutuhkan pertolongan.

"Pada akhirnya melakui memontum peringatan hari pahlwan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkonstribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai yamg dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara," ujar Saiful Alam.

Selanjutnya, pada ucapara hari pahlawan, Kapores Mataram AKBP Saiful Alam, SH, MH berharap agar menjaga persatuan dan menjalin toleransi.

"Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita," harapan Saiful Alam. (KB-03)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.