Maksimalkan Penanganan Sampah, DLH Beri Armada Tiga Roda untuk Kelurahan - Kabar Bima

Maksimalkan Penanganan Sampah, DLH Beri Armada Tiga Roda untuk Kelurahan

Kota Bima, KB.- Untuk meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan sekaligus penanganan sampah di Kota Bima, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima, memberikan bantuan armada Tiga Roda kepada beberapa kelurahan yang ada di Kota Bima untuk mengankut sampah.

Suhardin, SP.
"Untuk memaksimalkan penanganan dan pengolahan sampah di Kota Bima. Kami sudah menyalurkan sebanyak 34 unit motor tiga roda kepada 27 kelurahan, yang ada di Kota Bima," ujar Kabid Persampahan DLH Kota Bima, Suhardin, SP.

Selain armada tiga roda, lanjut mantan kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Bima ini, pihaknya juga memberikan bantuan tambahan gerobak sampah sebanyak 43 unit untuk pengolahan sampah yang ada pada tempat yang sempit, dan sulit dilalui oleh kendaraan.

"Dengan adanya gerobak sampah ini, semua sampah yang tadinya sulit ditangani, terutama sampah yang ada pada gang-gang sempit. Insyaallah akan tertangani dan teratasi semua," ucapnya.

Dikatakanya, bahwa gerobak sampah yang diberikan itu, nantinya akan dikelola oleh masyarakat yang ada di wilayah kelurahan masing-masing.

"Jadi gorebak sampah itu akan dikelola oleh masyarakat melalui RT/RW. Dan RT/RW inilah nanti yang akan menunjuk masyarakat untuk menjadi operatornya. Intinya gerobak itu dari masyarakat, untuk masyarakat dan kembali ke masyarakat," tuturnya.

Lanjut dia, bagi masyarakat yang ingin dilayani akan ditarik biaya retribusi per bulan untuk pemasukan PAD. Dan PAD yang ditarik itu, tidak lain untuk menggaji operator.

"Uang retribusi yang tarik itu untuk membayar gaji operator gerobak dan operatot motor tiga roda. Dan sampah yang ditampung oleh armada-armada tersebut, akan dibuang ke Tempat Penampungan Sampah (TPS) terdekat yaitu kontainer,"pungkasnya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.