dr. Ganis : Pembangunan 8 Puskemas Sudah Rampung - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

dr. Ganis : Pembangunan 8 Puskemas Sudah Rampung

Bima, KB.- Pembangunan 8 Puskemas bertingkat di Kabupaten Bima diklaim sudah tuntas. Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, dr Ganis P mengaku, pengerjaan proyek DAK Afirmasi itu tinggal finising.

Puskesmas Pai Kecamatan Wera.
‘’Semua sudah selesai. Sekarang tinggal sedikit-sedikit saja, hanya finising,’’ ungkap pada kabarbima, kemarin.

Menurutnya, pengerjaan proyek pembangunan Puskemas tersebut benar-benar diawasi dengan baik. Bahkan, pelaksanaan dan pengawasan melibatkan tim yang gabung dari Kejaksaan dan Polisi.

‘’Proyek ini benar-benar diawasi. Jadi tidak ada ruang bagi perusaan untuk macam-macam,’’ sebutnya.

Dia mengatakan, pembanguna 8 Puskesmas untuk menjamin pelayanan kesehatan yang optimal. Hal itu sesuai dengan amanat Permenkes Nomor 75 tahun 2014, tentang meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

‘’Tahun ini 8 Puskemas sudah tuntas dibangun. Terus tahun depan kita upayakan 4 puskmas lagi untuk dibangun,’’ terangnya.

Dia menjelaskan,pembangunan sejumlahPuskemas itu disesuasi desain dalam bentuk prototipe. Desain tersebut berdasarkan kesepakatan Kemenkes juga disesuaikan dengan peningkatan fasilitas fisik Puskesmas.

‘’Semua bangunan yang dilakukan sudah ada standar aturan bangunan. Jadi tidak ada yang kita tutup-tutupi,’’ tegasnya.

Dia menambahkan, DAK Afirmasi merupakan tambahan DAK yang dialokasikan kepada daerah kategori. Seperti daerah katogori perbatasan, kepulauan dan, tertinggal. Hal itu bertujuan mempercepat pembangunan dan infrastruktur dasar.

‘’Tujuan DAK ini menguatan Puskemas. Terutama dari sarana, prasarana dan alat kesehatan,’’ jelasnya.

Delapan Puskemas yang akan dibangun yakni,Puskemas Belo, Woha, Monta, Parado, Langgudu, Lambitu, Wera dan Pai. Total anggaran pembangunan sebesar Rp 83.146.049.000.

‘’Anggaran itu diperuntukan untuk pembangunan puskesmas, prasarana air bersih dan lain,’’ terangnya.

dr Ganis mengaku, sesuai arahan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, dikes setempat akan mengupayan membangun pusemas. Sehingga pusmas yang ada benar-benal layak untuk menjadi tempat berobat dan perawatan.

‘’Kita tetap berkomitmen dan terus berusaha membangun lagi puskemas tahun depan. Doakan, insya Allah aka nada 4 puskemas lagi,’’ pungkasnya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.