Pemprov NTB Tegaskan Distribusi JPS Gemilang Harus Sesuai SOP - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Pemprov NTB Tegaskan Distribusi JPS Gemilang Harus Sesuai SOP

Mataram,KB.-Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menegaskan penyaluran bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang tetap harus sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP).
Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Najamuddin Amy.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama seluruh jajaran Pemerintah telah menetapkan SOP dan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) serta melakukan pemantauan lapangan agar distribusi ini berjalan secara tepat.

“Sudah ada SOP, data dan sasaran sudah ada. Kita ketahui bersama, alokasi bantuan sosial sembako JPS ini ada makanan pokok dan suplemen. Beras, minyak goreng, gula, telur, susu kedelai dan lainnya,” kata juru bicara Pemprov NTB, Najamuddin Amy, saat konferensi persnya, Minggu (26/4/2020).

Ia menjelaskan, standar ini sudah diumumkan. Hanya saja sesuai dengan mekanisme penyaluran, distribusi barang barang ini dilakukan secara terpisah dan bergelombang.

Bantuan sembako JPS berupa beras, telur serta minyak, menurutnya, tidak mungkin diangkut dalam satu moda transportasi. Mesti dipisahkan. “Jadi kalau ada, telur dan minyak yang rusak atau pecah dalam satu paket, itu wajar. Kalau menemukan hal seperti ini, Pemerintah Desa, warga penerima bisa langsung konfirmasi ke desa dan desa ke pihak pendamping. Agar telur ataupun minyak goreng dan lainnya bisa langsung diganti,” ujarnya Najamuddin.

“Intinya, paket ini pasti diberikan lengkap dan tidak mungkin terpisah. Di lapangan kadang ada miss komunikasi. Maka dari itu, perlu koordinasi antara petugas dan pemerintah di desa. Tidak perlu bereaksi berlebihan, apalagi buru buru menolak. Intinya disampaikan saja,” tuturnya.

Sedangkan Pemerintah Provinsi NTB menurut Najam, berterimakasih atas kerjasama para Kepala Desa, Kapolsek, Danramil, Camat, Bupati, Walikota bahkan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas. Koordinasi dan sinergi tetap diperlukan Pemprov dengan TNI dan Polri kita.

Najamuddin juga menegaskan, di masa pandemi Covid-19 ini tentu banyak energi dan perhatian yang terkuras. Untuk itulah bantuan para pihak khususnya Kepala Desa sangat diperlukan. “Kita fokus menyalurkan bantuan secepatnya, untuk membantu masyarakat kita. Kita tidak perlu berdebat dan membuang energi pada hal-hal yang bisa dikoordinasikan dengan baik,” harapnya.

Kepada media massa, Najamuddin atas nama Pemerintah Provinsi NTB berterimakasih atas dukungan dan dedikasinya memberikan informasi yang berimbang demi mendukung pelaksanaan tugas-tugas Pemerintah, serta memberikan edukasi informasi kepada masyarakat.(KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.