"Bandel" Pengurus Bumdes Woro Diadukan ke Polisi - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

"Bandel" Pengurus Bumdes Woro Diadukan ke Polisi

Bima, KB.- Dinilai Bandel pengurus BUMDes Woro Kecamatan Madapangga dilapor ke polisi oleh Kepala Desa (Kades) setempat, Selasa (12/01/2021). Laporan tersebut dengan perihal lantaran Ketua Pengurus BUMDes tidak mau memberikan laporan pertanggung jawaban terkait alur anggaran Tahun 2018 dan 2019. “Pengurus BUMDes sudah dilaporkan ke polisi karena tidak mau berikan laporan pertanggungjawaban. Bahkan menurut informasi yang didapat, ketua BUMDes sudah melarikan diri,” ujar Kades Woro, Abdul Farid, Rabu (13/01/2021).

Kata kades Woro, sebelumnya pengurus BUMDes pernah dipanggil untuk memberikan laporan penggunaan anggaran. Namun saat itu, mereka tidak dapat menunjukkan secara administrasi. “Sebenarnya mereka sudah hadir di  kantor desa, tapi tidak mampu memberikan kejelasan kemana alur anggaran BUMDes,” tuturnya.

Sambungnya, adapun dana yang dikucurkan Pemdes Woro di tahun 2018 sebesar Rp 50 juta dan Tahun 2019 sebesar Rp 40 Juta. “Total dana yang kita klarifikasi sebesar Rp 90 juta. Yakni anggaran yang dikucurkan oleh Kades sebelumnya,” jelasnya. 

Kasus tersebut sengaja dilapor ke polisi, demi kemaslahatan di desa. Karena menurutnya Bumdes adalah lembaga usaha desa untuk kemajuan ekonomi dan itu sesuai aturan maupun regulasi yang ada. “Dalam waktu dekat kepengurusan akan diremajakan, sehingga BUMDes dapat aktif seperti semula,” tukasnya. 

Kapolsek Madapangga IPDA Ruslan membenarkan bahwa Kades Woro melaporkan pengurusu BUMDes pada Selasa (12/1/2021). Dengan No.Lap: 01/2021/Pol Madapangga, dengan substansi dugaan penggelapan dana Bumdes. “Dalam waktu dekat kita akan panggil pengurus Bumdes Woro untuk dimintai keterangan,” tutupnya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.