Rutan Bima Terapkan Program 1 Day 1 Juz Untuk Seluruh Napi - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Rutan Bima Terapkan Program 1 Day 1 Juz Untuk Seluruh Napi

Bima, KB.-  Rumah Tahanan (Rutan) Bima Menerapkan Program 1 Day 1 Juz untuk seluruh Nara Pidana (Napi) Selama Bulan Puasa. Sehingga setelah Ramadhan selesai semua napi sudah menyelesaikan 30 juz (Khatam). 

Kepala Rutan Bima, Sudirman.


Hal tersebut disampaikan Kepala Rutan Bima,  Sudirman kepada media ini, selasa (28/03/2023) di ruang kerjanya. Menurutnya, dia sangat rindu dengan kondisi Bima tempo dulu yang selalu mendengar lantunan ayat Alquran. Sehingga pada momen Ramadhan ini dirinya ingin membuat seluruh napi merasakan kembali suasana Bima tempo dulu, atau bisa disebut Kembali Mbojo Ma Ntoi.

Sudirman menyampaikan, selain program 1 Day 1 Juz, juga ada kegiatan lomba keagamaan yang dilaksanakan selama bulan ramadhan pada saat pagi dan sore hari. Semua warga binaan diwajibkan untuk mengikuti lomba sesuai ketentuan dan kualitas masing-masing.

Mata lomba yang dilombakan adalah lomba mengaji, lomba baya ayat pendek, lomba adzan dan lomba bacaan ayat sholat, serta lomba sholat berjamaah. 

“Setiap Napi tidak ada yang tidak bisa ngaji, yang tadinya pas masuk tidak bisa ngaji, sekarang Alhamdulillah semuanya sudah bisa ngaji. Sehingga mereka diwajibkan mengikuti mata lomba yang disesuaikan dengan kemampuan warga binaan,” Ujarnya.

Selain mengisi dengan kegiatan lomba keagamaan kata Sudirman, warga binaan juga diberikan bimbingan kerohanian 3 kali dalam sepekan.

Untuk malam hari setelah sholat taraweh, warga binaan diwajibkan untuk mengaji dan ada juga yang belajar mengaji. Begitu juga dengan saat usai sholat subuh, setipa blok mereka selalu melafazkan ayat-ayat suci Allah.

“Semoga yang kami lakukan ini bisa bermanfaat bagi warga binaan dan meningkatkan ilmu keagamaan bagi mereka. Saya ingin mereka keluar nanti sudah bisa jadi imam,” harapnya (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.