Header Ads

Header ADS

Diskominfo Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi

Bima, KB.- Di era yang sudah moderen ini, sudah seharusnya kita memanfaatkan teknologi yang ada, salah satunya memanfaatkan sistim informasi elektonik.

Dalam rangka memberikan pemahaman akan pentingnya dan manfaat teknologi terhadap penyebaran informasi, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bima mengelar acara sosialisasi pemanfaatan sistem informasi elektronik lingkup SKPD dalam menyonsong era E-Goverment menuju Bima Ramah. Acara tersebut digelar di aula gedung PKK Kabupaten Bima, Kamis (23/03/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh  kepala SKPD dan Kabid lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bima, Abdul Wahab Usman, SH .

Dalam pengantarnya, Abdul Wahab menyampaikan bahwa daerah lain sudah lebih dulu menerapkan sistim informasi elektronik dalam pelayanan pemerintahan. Contohnya, urusan lelang dan lainnya, sudah diserahkan ke Kominfo, urusan teknis masih dilaksanakan oleh bidang atau SKPD terkait.

" Didaerah lain, urusan surat surat mereka sudah tidak perlu diantar lagi, cukup sediakan petugas disetiap instansi untuk mengirim dan menerima email. Setiap kantor SKPD harus punya email, sehingga tidak ada lagi main antar mengantar surat, cukup lewat email saja," jelasnya.

Dirinya, menginginkan, agar di Kabupaten Bima juga mulai menerapkan hal yang sama, sebab dunia elektronik harus dimanfaatkan, dan kepada para pegawai atau pejabat mulailah belajar mengakses internet.

"Melalui sosialisasi E-Goverment ini, pemerintah daerah ingin mewujudkan tata kelola sistem informasi yang baik. Dalam pengembangan tekhnologi informasi dan komunikasi, guna mendukung program kegiatan pemerintah," ujar Abdul Wahab.

Dikatakannya, melalui arah kebijakan kepala daerah guna mensukseskan program pembangunan E-Government di Kabupaten Bima, tentunya merupakan upaya daerah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan, pada tiap SKPD.

"Pemerintah mengingingkan SKPD dapat menyajikan dan memberikan informasi yang cepat dan tepat pada masyarakat, melalui pengembangan sistem pelayanan berbasis IT," akunya.

Menurutnya, perkembangan tekhnologi setiap tahum semakin berkembang pesat. Bahkan diperkirakan dalam kurun waktu satu dekade mendatang, sistem informasi berbasis internet akan menjadi raja terdepan dalam menyampaikan informasi kepada publik.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, perkembangan tekhnologi menjadi bahan acuan, masyarakat dalam memperoleh informasi yang komplet. Baik yang berbasis data, maupun berbentuk elektronik," bebernya.

Maka dari itu, Pemerintah daerah melalui Diskominfo mengharapkan, kepada SKPD untuk mulai membangun jaringan dan mengakses internet, untuk mempermudah akses infomrasi, yang berkaitan dengan pelayanan umum kepada publik.

"Kedepan, setiap SKPD harus memiliki website masing-masing, untuk mempermudah penyebaran informasi. Dengan tersedianya data informasi, maka pemerintah daerah dapat menuju e-goverment dalam beberapa tahun mendatang. Tentunya dengan tersedianya pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, melalui tersedianya informasi elektronik,” katanya.

Artinya masyarakat yang ingin mencari informasi, tidak perlu ke kantor. Karena dapat memperoleh informasi, melalui jaringan informasi internet. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.