Lomba Kelurahan, Matakando Tunjukan UKM Warganya - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Lomba Kelurahan, Matakando Tunjukan UKM Warganya

Kota Bima, KB.- Kelurahan Matakando Kecamatan Mpunda menjadi tempat ke-4  lokasi penilaian Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Kota Bima tahun 2018, yang digelar dihalaman kantor setempat Rabu (31/05/2018). Lurah Matakando  Mohammad Irwan saat ditemui usai memberikan sambutan pada wartawan menyampaikan, bahwa wilayahnya merupakan yang terkecil dari dari semua kelurahan yang ada di Kota Bima. Karena hanya memiliki 3 lingkungan yakni Tolotando, Rabantala dan Sonco Lela, namun  memiliki banyak potensi.

“Matakando terletak di pinggir gunung Kota Bima, tapi memiliki banyak potensi yang masih membutuhkan sentuhan pemerintah,” ujarnya.

Beberapa potensi Usaha Kecil Menengah 9UKM) yang dimiliki masyarakatnya, dan kini masih terus bertahan dalam perkembangan era modern, seperti Meubler, Aneka Kue, Tenun, Pembuatan Genteng dan Batu Bata. Semua usaha tersebut turut membawa dampak perubahan bagi masyarakat setempat, karena mampu meningkatkan perkonomian rumah tangga.

“Usaha yang telah dijalankan tersebut tentu akan bermanfaat, bila pemerintah juga melirik potensi ini untuk dapat mengembangkannya secara bersama. Baik itu bantuan tambahan modal, dan juga peralatan sebagai penunjang kerja,” tuturnya.

Selain potensi dunia usaha, Irwan juga menambahkan bahwa ada potensi wisata di wilayahnya yang masih membutuhkan sentuhan pemerintah juga. Dimana di lingkungan Rabantala terdapat air terjun Oi Katebe di So Ndano Rangga, yang menjadi daya tarik masyarakat untuk berekreasi.

Destinasi Wisata Oi katebe tersebut belum tersentuh sama sekali oleh pemerintah Kota Bima. Karena berada di puncak, warga setempat meyakini bahwa destinasi itu lebih bagus dari Doro Jatiwangi yang selalu dikunjungi warga Kota Bima.

“Untuk mencapai destinasi Oi Katebe tersebut bisa berkendara sekitar 10 menit dari lingkungan Rabantala ke arah timur pegunungan, kemudian hanya berjalan sejauh sekitar 30 meter untuk mencapai air terjun tersebut. Dengan masih mudahnya akses tersebut, diharapkan dinas terkait dapat melihat dan menjadikan salah satu objek wisata,” tandasnya.

Dengan berbagai potensi usaha dan pariwisata tersebut, dirinya selaku kepala wilayah optimis kelurahnnya mampu meraih nilai tertinggi, dan menjadi yang terbaik untuk mewakili Kota Bima dalam ajang yang sama di tingkat Provinsi NTB.

“Inshaa Allah kelurahannya menjadi yang terbaik, setelah melihat persiapan serta menampilkan beberapa potensi yang telah dimiliki,” tambahnya.

Sementara itu Kabag AP Setda Kota Bima H Fahruddin menambahkan, Kelurahan Matakando menjadi peserta ke-4 yang akan dinilai oleh tim panitia. Sebelum pada akhirnya Besok Kamis (31/05/2018) akan menilai peserta terakhir untuk dinilai, yaitu Kelurahan Nae Kecamatan Rasanae Barat.

“Seluruh tim panitia akan bekerja secara profesional, dalam memberikan penilaian berdasarkan kesiapan yang telah dipersiapkan peserta lomba. Maka hasil penilain kedepan tentu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi tim penilai dilapangan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara resmi,” tegasnya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.