Empat Orang Pelaku Pembalakan Liar Diamankan - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Empat Orang Pelaku Pembalakan Liar Diamankan

Mataram, KB.- Patroli gabungan anggota Kodim 1614/Dompu, Polres Dompu dan KPH wilayah Tofo Pajo Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu berhasil mengamankan empat orang diduga pelaku penebangan liar di daerah kawasan Hutan Lindung di So Piri Desa Ranggo Kecamatan Pajo, Kamis (15/11/2018).

Kepala KPH, Saiful, mengatakan  patroli gabungan ini sengaja digelar karena ada laporan dari Pengaman Hutan (Pamhut) bahwa pada saat mereka melaksanakan patroli telah menemukan masyarakat sedang melakukan penebangan liar tanpa ijin di luar daerah kawasan tutupan Negara Desa Ranggo Kecamatan Pajo.

"Laporan ini kemudian, saya tindak lanjuti untuk melakukan patroli gabungan bersama TNI dari Kodim Dompu dan Polres Dompu," kata Saiful.


Kumudian, Dandim 1614/Dompu Letnan Kolonel Czi Arief Hadiyanto, S.IP, membenarkan adanya penangkapan terduga pelaku pembalakan liar di kawasan hutan Desa Ranggo. "Ya, tadi anggota sudah laporan bahwa ada empat orang yang berhasil diamankan beserta barang buktinya," katanya.

Dijelaskannya, terduga pelaku beserta Barang Bukti (BB) berupa satu unit mesin chainsaw dan empat buah parang saat ini sudah diamankan di Polres Dompu untuk dimintai keterangan.

Menurutnya, daerah tersebut juga rawan banjir, apalagi sekarang sudah mulai musim hujan. "Jumat minggu lalu juga di dua desa terkena banjir, akibatnya ratusan rumah terendam di Desa Tolokalo dan Desa Songgajah Kecamatan Kempo," ujar Arief Hadiyanto.

"Dengan kejadian minggu lalu maupun sebelumnya, seharusnya tidak ada lagi yang suka menebang hutan secara liar, karena hutan di kawasan NTB khususnya di Dompu juga gundul. Akibatnya tanah tidak mampu menahan air hujan," harapan lulusan Akmil 98 itu.

Atas penangkapan empat orang tersebut juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi menjaga kelestarian hutan dan menjaga kebersihan lingkungan terutama di musim hujan untuk menghindari tersumbatnya saluran irigasi yang bisa berdampak buruk bagi kita bersama. (KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.