GPPM Demo UP3 Bolo, Desak Refisi E-RDKK - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

GPPM Demo UP3 Bolo, Desak Refisi E-RDKK

Bima, KB.- Sejumlah Mahasiswa Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Petani Menggugat (GPPM) melakukan aksi depan kantor Unit Penunjang Pertanian dan Perkebunan (UP3) kecamatan setempat, Selasa (05/01/2021), sekitar pukul 09.00 Wita. 

Massa aksi mendesak UP3 Bolo untuk merefisi E-RDKK Tahun 2020 - 2021. Tidak hanya itu, mereka juga menuntut KP3 Kecamatan Bolo agar menghentikan penjualan pupuk Subsidi melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET). 

"Selain itu kita minta hentikan penjualan secara paket pupuk subsidi dan non subsidi," ujar Korlap aksi Munawir.

Hal senada disampaikan Usmadin, pemerintah harus mengevaluasi distributor dan pengecer pupuk di Kecamatan Bolo. Menurutnya, akar dari persoalan selama ini berada pada kedua elemen tersebut.

"Karena biang kerok dari masalah pupuk sehingga berdampak buruk pada petani, hanya dari mereka-mereka itu" ungkapnya.

Sambungnya, pihak berwenang harus evaluasi Kelompok Tani (Poktan) dan evaluasi Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kecamatan Bolo. 

"Semua harus dievaluasi, karena dinilai tidak mampu menjalankan tugas dengan baik," tutupnya.

Menanggapi masa aksi, Kepala UP3 Kecamatan Bolo, Wahyudin SPt menyampaikan, sangat berterimakasih kepada massa aksi yang begitu peduli dengan nasib petani. Pada prinsipnya, apa yang dilakukan oleh massa aksi sangat membantu pihaknya.

"Tentunya ini sangat luar biasa gerakan adik-adik dan cukup membantu kami dalam evaluasi realitas dilapangan," jelasnya.

Sementara itu, dirinya mengaku, dalam menangani persoalan pupuk akhir-akhir ini sedang dilakukan beberapa upaya untuk mengantisipasi hal demikian. Termasuk melakukan pertemuan khusus bersama stakeholder di kecamatan setempat.

"Hal itu untuk kita sampaikan perubahan HET terbaru sesuai instruksi Permentan," terangnya. 

Imbuhnya, pertemuan itu akan digelar di Aula Kantor BPP Kecamatan Bolo. Tentunya membicarakan bagaimana solusi dari persoalan yang ada.

"Semoga nanti dapat kita temukan solusi bersama," tutupnya.

Untuk diketahui, usai melakukan aksi depan kantor UP3 Kecamatan Bolo, masa aksi melanjutkan demo depan kantor Camat Bolo. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.