Harga Bawang Merah Anjlok, Ini Tanggapan Bupati Bima - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Harga Bawang Merah Anjlok, Ini Tanggapan Bupati Bima

Bima, KB.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE bersama Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer, menemui massa aksi yang tergabung dari aliansi masyarakat petani bawang merah, di halaman gedung Pemda Bima, Rabu, (18/11/2021) sore. 

Hadir juga saat itu, Sekda Bima, Kapolres Bima, Dandim Bima diwakili Danramil Woha, Para Asisten, Kadis Pertanian serta para Kabag. 

Bupati Bima menyampaikan pada massa aksi, sebagai Pemerintah dirinya bersama Wakil Bupati Bima merasa prihatin atas permasalahan dialami petani di Kabupaten Bima, meski dua tiga tahun terakhir ini, masyarakat mendapatkan harga bawang merah yang sangat baik.

"Namun hasil panen terakhir di tahun ini, harga bawang merah begitu anjlok. Salah satu faktor, belum ada pengumpul yang mau membeli hasil panen petani," kata dia. 

Bupati mengakui, hal ini harus dicarikan solusi terbaik, tidak hanya hadir menyampaikan aspirasi, tetapi harus mencari tahu mengapa harga bisa anjlok ditataran pembeli. 

"Yang bisa kami lakukan saat ini yaitu menyurati Kementrian Pertanian RI dan Kementrian Perindustrian dan Perdagangan RI terkait apa yang dialami masyarakat petani bawang merah," kata dia. 

Dia juga mengakui, pengumpul belum berani membeli seperti sebelumnya, sebab pasar di Pusat belum bisa menerima bawang dari berbagai wilayah Indonesia termasuk dari Bima. 

"Kementrian Pertanian Ri serta Kementrian Perinduatrian dan Perdagangan Ri, kami meminta supaya memanfaatkan peran Bulog dalam rangka membeli hasil panen bawang merah terutama di Bima," kata dia. 

Secara tegas, IDP menyampaikan kepada masyarakat sekaligus Kelompok Tani. Apabila menemukan pengecer yang menjual harga pupuk di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) agar segera dilaporkan.

"Kalau menemukan distributor atau pengecer menjual diatas harga HET, laporkan, kami akan menindak dengan tegas jika ada laporan masyarakat terkait dengan urusan pupuk," kata dia. 

Menanggapi massa aksi juga, Bupati IDP menandatangani Surat Rekomendasi yang diajukan oleh massa aksi sebagai representasi tuntutan aksi.

Point Penting yang Disampaikan Oleh Bupati IDP bahwa dalam waktu dekat akan segera menghadap Kementrian Pertanian untuk menyampaikan secara langsung apa yang menjadi tuntutan dan keinginan masyarakat petani bawang merah.

Bupati IDP tetap komitmen dan konsisten dalam mengurus kebutuhan warga masyarakatnya khusus untuk para petani secara luas.

“Insya Allah Pemerintah Kabupaten Bima akan terus konsisten dalam membantu seluruh warga masyarakat, oleh karena itu saya selaku Bupati Bima akan terus bekerja dan berjuang untuk kemaslahatan warga masyarakat Kabupaten Bima” pungkas dia. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.