Kawal Hak Pilih, Bawaslu Gandeng Dukcapil Rekam e-KTP - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Kawal Hak Pilih, Bawaslu Gandeng Dukcapil Rekam e-KTP

Bima,- Realisir agenda Kawal Hak Pilih yang didesain Bawaslu RI, Bawaslu Kabupaten Bima ganedeng Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) di wilayah setempat melakukan perekaman e-KTP. Kegiatan tersebut pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Donggo, Selasa, (07/03).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah,SH, mengatakan, sebelum dilakukan perekaman, pihaknya telah melakukan pendataan kepada warga yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, tapi belum memiki eKTP. “Seiring dengan agenda Kawal Hak Pilih ini kami membuat kerja sama operasional dengan Dinas Dukcapil untuk melakukan perekaman e-KTP di tempat,” kata Abdullah. 

Menurut Ebit, sapaan Ketua Bawaslu Bima, Persoalan tersebut harus ditangani secara serius, karena akan berimbas pada terabainya hak pilih masyarakat dan pada akhirnya akan memicu terjadinya protes dan permasalahan yang akan menganggu berjalanannya Pemilu jelasnya. “Terhadap pelaksanaan perekaman KTP di Kecamatan Donggo Disdukcapil sudah perekaman sebanyak 85 orang dan akan dilanjutkan Senin mendatang,” sebutnya.

Ditambahkannya, proses perekaman e-KTP tersebut akan dilakukan di 18 Kecamatan di Kabupaten dengan memprioritaskan wilayah yang dianggap paling banyak warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum memiliki e-KTP. “Jangan sampai soal identitas kependudukan ini dapat menghambat masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” tegas Ebit.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan pihaknya, sebut Ebit, jumlah pemilih memenuhi syarat tapi belum ber-KTP ini jumlahnya sangat luar biasa dan berada di angka ratusan. Bertolak dari kondisi tersebut, pihaknya menginisiasi menggandeng Dinas Dukcapil dengan melakukan perekaman e-KTP di tempat. “Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat kita,” tandas Ebit. 

Untuk diketahui publik, dengan kemajuan teknologi sekarang ini, telah hadir aplikasi yang mempermudah warga negara Indonesia yaitu aplikasi Kependudukan Digital. Melalui aplikasi itu, setiap warga bisa mengakses segala identitas pribadinya dalam bentuk digital. Aplikasinya bisa didownload di Play Store HP android.

(KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.