Capaian Vaksinasi 23,40 Persen, Kabupaten Bima Turun Level II - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Capaian Vaksinasi 23,40 Persen, Kabupaten Bima Turun Level II

Bima, KB.- Pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kabupaten Bima hingga kini sudah mencapai 23,40 persen. Angka itu menunjukkan bahwa pengendalian Covid-19 di daerah setempat sangat baik.

Alamsyah, S.KM

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, melalui Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Alamsyah, S.KM, Senin (18/10/2021).

“Posisi Kabupaten Bima saat ini berada diurutan kedua dari seluruh Kabupaten/Kota di NTB dengan capaian vaksinasi  23,40 persen,” ujarnya. 

Menurutnya capaian tersebut juga mengartikan bahwa Kabupaten Bima di level dua dalam penanganan Covid-19. Hal itu berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 84 tahun 2021.

“Kabupaten Bima berada di level dua. Artinya penularan covid sangat rendah,” kata Alamsyah.

Ia mengaku pihaknya menargetkan pada Bulan Desember 2021 mendatang capaian vaksinasi Covid-19 hingga 50 persen. Bahkan Ia optimis angkanya melebihi 50 persen keatas.

“Capaian target vaksinasi  tergantung ketersediaan stok vaksin. Tapi kita optimis capaiannya bisa diatas 50 persen pada akhir tahun 2021,” katanya.

Ia mengaku meningkatnya capaian vaksinasi di Kabupaten Bima tidak terlepas tingkat kesadaran masyarakat yang semakin tinggi. Hal itu dapat dilihat dari antrian masyarakat di tempat-tempat kegiatan vaksinasi yang membludak.

“Tapi sayang, keinginan masyarakat mau divaksin ini tidak ditunjang dengan ketersediaan stok vaksin yang masih berkurang,” katanya.

Selain itu, Alamsyah juga memberikan gambaran kasus penyebaran Covid-19 berdasarkan pemetaan warna. Kata dia, warna merah menandakan angka kasus positif diatas 10 orang. Sementara warna orange angka kasus positif 5-10 orang.

“Kemudian warna kuning angka kasus positif 1-5. Sedangkan warna hijau menandakan tidak ada kasus. Dan pemetaan warna berdasarkan hasil 3T (Testing, Tracing, Treatment),” tandasnya. (KB-05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.