Dikes Kabupaten Bima Rayakan HKN ke 57 Bersama Nakes - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Dikes Kabupaten Bima Rayakan HKN ke 57 Bersama Nakes

Bima, KB.- Puncak kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Kabupaten Bima digelar di halaman kantor Dinkes Kabupaten Bima, Rabu (29/12/2021). Kegiatan dihadiri Bupati Bima,  Hj Indah Dhama Yanti Putri, SE bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan S.Pd, staf Ahli Bupati Iwan Setiawan SE, Kadis Kesehatan Fahrurrahman SE, M.Si, dan sejumlah kepala Puskesmas.



Pada kesempatan itu, Bupati Hj Indah Dhamayanti Putri mengajak semua elemen menjadikan HKN sebagai momentum untuk bersyukur, karena kasus COVID-19 semakin menurun.

“Peringatan HKN mari dijadikan sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat Sehat Negeriku, tumbuh Indonesiaku, tumbuh Kabupaten Bima ku. Sekaligus sebagai pengingat, edukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan,” kata Bupati dalam sambutannya.

Ia juga berharap momentum HKN bisa sebagai pendorong penguatan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) dalam upaya kesehatan promotif dan preventif. Sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru.Serta meningkatkan Setelah dua tahun terakhir tidak dilaksanakan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) akibat Pandemi COVID-19 semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat dalam mendukung selesainya pandemi COVID-19.

“Semoga terwujud masyarakat yang semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta mau menerapkan gerakan hidup sehat pada masa pandemi COVID-19 di tatanan keluarga, institusi pendidikan, institusi pelayanan kesehatan, tempat-tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya,”tuturnya.

Bupati juga meminta peringatan HKN ini dapat menguatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, meningkatkan target vaksinasi COVID-19, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi COVID-19. 

“Kami sampaikan apresiasi kepada para pihak yang telah memajukan pembangunan bidang kesehatan,” tambahnya.

Dalam arahannya, Bupati mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-57 dan berharap seluruh jajaran bidang kesehatan khususnya tenaga kesehatan (Nakes) yang mengabdi pada 21 Puskesmas dan Poskesdes yang menyebar di seluruh desa untuk tetap bersemangat dalam bekerja dan terus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Untuk pelayanan kesehatan pada masing-masing Puskesmas, juga diharapkan mampu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan membuat seluruh pegawai betah bekerja dalam maupun diluar jam kerja. “Pimpinan Puskesmas harus mau berbagi, bukan hanya secara finansial, tapi perhatian dan kesetaraan dalam lingkup kerja, selain itu agar setiap aset yang dimiliki itu dirawat,” sambung Bupati.

Dihadapan para Kepala Puskesmas, dokter, bidan se kabupaten Bima, Pengurus Dharma Wanita Unit Dinas Kesehatan, serta staf lingkup Dikes Kabupaten Bima, Bupati secara khusus menyampaikan apresiasi kepada seluruh Nakes atas kerja keras dan semangat luar biasa sehingga capaian vaksin yang diraih sesuai target.

“ Saya mengapresiasi dan rasa bangga kepada seluruh pihak terkait karena bisa mencapai 70% untuk Vaksin pertama.Semangat tidak boleh kendor,dan vaksin kedua harus mencapai 50%,agar imunitas bisa terbentuk dengan baik,” himbau Bupati Bima.

Pada akhir arahannya,Bupati meminta agar jajaran Dinas Kesehatan meningkatkan upaya sosialisasi kegiatan dan program sektor kesehatan pada semua tingkatan, hal ini kata Bupati penting dilakukan agar isu yang muncul ditengah masyarakat bisa dijawab dengan baik dan tidak menimbulkan masalah dan mampu menjabarkan visi dan misi Bima Ramah.

Sementara itu Kadis Kesehatan Fahrurrahman SE, M.Si mengatakan, Resepsi hari yang dihelat merupakan bagian dari kebahagiaan jajaran Dinas Kesehatan atas banyak prestasi yang diraih dan seluruh pihak terkait di tingkat kecamatan. Namun demikian, mantan Kepala Dinas Kominfo dan Statistik ini menghimbau agar pelaksanaan vaksinasi harus tetap dijalankan sesuai prosedur dan menerapkan prinsip kehati-hatian vaksinasi bisa dicapai sesuai target.

Sejumlah keberhasilan yang telah diraih antara lain piagam akreditasi kepada Puskesmas Monta,eliminasi malaria untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Bima,
Posga Delima 1 Desa Boke Kecamatan Sape, terbaik 1 Propinsi NTB dan Juara 2 Konvergensi Stunting Tk. Provinsi NTB. Selain itu, pada momen peringatan HKN tahun ini juga diserahkan Ambulan Public Safety Center (PSC 119) dan Ambulan kepada RSUD Sondosia, Handy Talky kepada 21 PKM dan RS. Sondosia, Handphone kepada 21 PKM dan RS. Sondosia serta Penyerahan Peraturan Bupati (Perbup) PSC.

Di akhir acara, Bupati Bima bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Staf Ahli, dan Kadis Kesehatan menyerahkan cinderamata kepada 9 ASN Purna yang mengabdi pada sejumlah Puskesmas se-Kabupaten Bima yaitu Jaharuddin SKM (Woha), Siti Dumrah (Ambalawi), Ibrahim Usman Wawo), M. Saleh, M.AP (Madapangga), Syamsudin Amd.Kep (Langgudu), Nurdin (Ambalawi), Siti Syar’iah (Belo), Sri Dewi Nurtitah (Palibelo) dan Siti Sahari (Palibelo).(KB-03)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.