PKM-RSH STIE BIMA tahun 2023 Teliti Be A strong gen: mengulik emotional exhaustion at work pada gen Z ditengah tuduhan sebagai generasi strawberry - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

PKM-RSH STIE BIMA tahun 2023 Teliti Be A strong gen: mengulik emotional exhaustion at work pada gen Z ditengah tuduhan sebagai generasi strawberry

KOTA BIMA, KB.- Mahasiswa STIE Bima kembali mendapatka Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Jenis kegiatan yang dilaksanakan berupa PKM riset sosial humaniora dengan judul "Be A strong gen!: mengulik emotional exhaustion at work pada gen Z ditengah tuduhan sebagai generasi strawberry ". Kegiatan dilaksanakan pada Juli hingga September 2023.



Kegiatan tersebut melibatkan tiga mahasiswa yaitu Nurhasanah, mustika ratu, Sulistyo utami. Ketiganya didampingi oleh Dosen kartin Aprianti , M.Pd.

" Penelitian yang kami angkat mengkaji tentang emotional exhaustion, yaitu kelelahan emosional dalam bekerja ditengah stigma yang melekat pada gen Z sebagai generasi yang lemah seperti buah strawberry, " Papar Nurhasanah. 

Bagi nurhasanah dan teman-temannya penelitian ini sangat penting sekali. Sebab, dalam dunia kerjaan kondisi mental seseorang berkaitan erat dengan kinerja. 

"Misalnya kondisi mental seseorang salah satunya emotional exhaustion atauyg sering disebut bermental strawberry, " Tambah mustika ratu. 

Lanjut dia, Kondisi emotional exhaustion dalam bekerja selama ini sering diabaikan. Tidak jarang akibat hal demikian, akan menyebabkan gangguan psikologis seperti job insecurity.

"Kenapa dipikih objek riset pada gen Z, karena Gen Z ini menyumbang SDM paling banyak dalam dunia kerja," Tutur Sulistyo utami. 

Lebih lanjut, Dosen Pembimbing Kartun Aprianti, M. Pd menjelaskan bahwa mahasiswa bimbingannya telah melakukan riset mulai dari observasi hingga wawancara pada manajer berbagai perusahaan di Kota Bima. Tim  juga telah membagikan Kuesioner riset secara online dan offline kepada 200 responden.

"Kusioner dibagikan kepada generasi Z yang telah bekerja baik secara penuh waktu, paruh waktu maupun freelance," Jelas ibu satu anak ini. 



Dia mengaku penelitian ini sangat penting. Dapat menjadi referensi bagi perusahaan dalam mengelola sumber daya gen Z agar dalam bekerja tidak mengalami kelelahan emosional., " Imbuhnya. 

Kartin juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada lembaga STIE Bima. Karena sudah membantu dan memfasilitasi kebutuhan TIM PKM tersebut. Sebagaimana diketahui, bahwa Program Kreativitas Mahasiswa merupakan sebuah program yang diadakan oleh Kemenristekdikti melalui Ditjen. Belmawa (Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan) yang bertujuan untuk memberikan mahasiswa sebuah wadah untuk dapat meningkatkan kemampuan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat secara umum. (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.